Rusaknya kases jalan menuju Desa Saluleang. (Foto Istimewa)
banner 728x90

Tabulahan, Katinting.com – Guna menyukseskan tahapan Pemilu 2019 aman, damai dan lancar, Kapolres Mamasa, AKBP Arianto didampingi Kapolsek Tabulahan, Kasat Reskrim Polres Mamasa, Kasat Sabhara Polres Mamasa, Babinsa Tabulahan memantau lansung Pemunguntan Suara Ulang (PSU), di TPS 1, Desa Saluleang, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Sabtu (27/4).

Meski hujan lebat dan jarak tempuh yang sangat jauh dan ekstrem, Kapolres Mamasa beserta rombongan tidak mengurangi semangat untuk memantau jalannya pelaksanaan PSU di TPS 1 Desa Saluleang.

Rusaknya akses jalan menuju Desa Saluleang, Kapolres Mamasa beserta rombongan juga harus berjalan kaki sekira 5 kilometer dan dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Apalagi kondisi cuaca dan jalan yang licin hingga sulit untuk dilalui kendaraan roda dua, untuk tiba di lokasi PSU.

Barulah sekitar pukul 10.00 Wita, Kapolres Mamasa beserta rombongan pengamanan tiba di Desa Saluleang untuk memantau langsung PSU di TPS 1 tersebut.

Menanggapi soal PSU tersebut, Kapolres Mamasa mengatakan, pada prinsipnya kepolisian hanya memberikan pengamanan pada proses tahapan pesta demokrasi 2019 ini, dimana berdasarkan rekomendasi Bawaslu maka pihak penyelenggara melaksanakan PSU di TPS 1 Saluleang.

“Tentunya menjadi satu konsekuensi kepolisian untuk mengamankan segala tahapan proses pelaksanaan pemilu 2019, bekerjasama dengan TNI, Bawaslu serta penyelenggara, untuk bagaimana mewujudkan proses tahapan demokrasi menjadi aman dan terkendali,” ujar Kapolres Mamasa, AKBP Arianto.

Arianto menuturkan, mulai pendistribusian surat suara dari percetakan ke KPU, kemudian dari KPU ke PPK, hingga ke TPS bahkan kembali ke KPU, sepenuhnya kepolisian melekat dengan kotak surat suara dalam kapasitas memberikan pengamanan bersama sama dengan panwas dan penyelenggara.

Ia menambahkkan bahwa, kehadirannya di TPS 1 Saluleang hanya sekedar patroli guna mewujudkan Kamtibmas yang kondusif.
Ia juga menjelaskan, petugas pengamanan di TPS 1 Desa Sealuleang hanya sejumlah enam personil, diantaranya empat personil dari Polres Mamasa dan dua personil dari Polsek Tabulahan.

“Yang pasti sejak tahapan dimulai kami dari kepolisian terus memberikan pengamanan baik sebelum pendistribusian surat suara maupun setelah pemungutan suara, saya rasa itu adalah bagian dari tanggung jawab demi suksesnya pemilu 2019 ini,” tutup Arianto.

Perjalan menuju Desa Saluleang. (Foto Istimewa)

 

 

 

(Esson/Zul)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here