Rakor KPU Mamuju bersama dengan PPK dan PPS se Kabupaten Mamuju dalam rangka persiapan pembentukan KPPS. (Dok. Zulkifli)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh PPK dan seluruh Ketua PPS di salah satu hotel di Mamuju, Jumat 8 Desember 2023.

Rakor ini dalam rangka persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Diketahui dalam waktu dekat ini KPU Mamuju akan melakukan perekrutan anggota KPPS sebanyak 5852 untuk 836 TPS yang ada di Kabupaten Mamuju.

Untuk diketahui, untuk satu TPS membutuhkan 7 anggota KPPS. Adapun lokasi penyetoran berkas dilakukan di sekretariat PPS.

Pada perekrutan tersebut, KPU Mamuju menyampaikan calon KPPS wajib memenuhi tiga pemeriksaan medis diantaranya, tekanan darah, gula darah dan kolesterol serta surat pernyataan tidak tergabung dalam partai politik, berdomisili di wilayah TPS dengan batas usia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun.

Anggota KPU Mamuju, Ibnu Imat Totori menuturkan, adapun tahapan pengumuman pendaftaran calon KPPS dimulai pada 11 Desember hingga 15 Desember mendatang penerimaan berkas juga dimulai pada 11 Desember sampai 20 Desember.

“Pengumuman penetapan anggota KPPS tanggal 24 Januari 2024. Dan mulai bekerja sebagai penyelenggara pemilu pada tanggal 25 Januari sampai 25 Februari 2024,” kata Imat sapaan akrabnya.

Dia juga menyampaikan, bagi calon KPPS yang sebelumnya sudah memiliki pengalaman sebagai anggota KPPS ataupun Pantarli di Pemilu atau Pilkada sebelumnya bisa jadi akan lebih berpeluang karena telah memiliki pengalaman.

Kita berharap masyarakat berminat untuk mendaftar KPPS pada pemilu 2024. Selain itu, untuk kouta perempuan, memperhatikan 30 persen dari jumlah pendaftar,” tutup Imat.

(ADV/Zulkifli)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here