oleh

Konsolnas KPU RI Refleksi Pemilu 2019 dan Pilkada 2020

banner 728x90
Foto bersama pada acara konsolnas KPU RI Refleksi Pemilu 2019 dan Pilkada 2020. (Dok. Ist.)

Jakarta, Katinting.com – Bertepatan jelang satu tahun pelaksanaan Pilkada 2020, dan selesainya tahapan Pemilu 2019, KPU RI menggelar Konsolidasi Nasional yang menghadirkan KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota se-Indonesia, di Jakarta, Sabtu (21/9).

“Pemilu serentak 2019 merupakan refleksi dari pengalaman yang sukses kita dilaksanakan bersama jajarannya untuk melaksanakan Pilkada 2020,” demikian dikatakan Wahyu Setiawan Anggota KPU RI pada pembukaan Konsolnas yang dihadiri komisioner Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Provinsi dan kabupaten. Pembukaan digelar hotel Aston Kartika Grogol, Sabtu (21/9).




 

Menurut Wahyu, sukses Pemilu 2019 salah satunya ditandai dengan meningkatnya partisipasi pemilih. Secara nasional tingkat partisipasi mencapai 81,90% melebihi rata-rata target nasional pada angka 77,50% sebagaimana yang ditetapkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)  dalam rangka penguatan pembangunan demokrasi dan politik melalui Pemilu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Kesuksesan pemilu dengan ukuran tingkat partisipasi pemilih yang tinggi merupakan kinerja penyelenggara pemilu yang didukung oleh semua pihak dan masyarakat Indonesia. “KPU berterima kasih kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan Pemilu 2019,” lanjut Wahyu Setiawan mantan anggota KPU Jateng ini.

Di tempat yang sama, Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan bahwa kesuksesan Pemilu 2019 merupakan kinerja penyelenggara pemilu yang menjunjung tinggi nilai dan asas penyelenggaraan pemilu yang berintegritas, profesional dan mandiri. “Ini merupakan asas pemilu sebagaimana dalam amanah konstitusi dimana pemilu 2019 dijalankan dalam manajemen tata kelola pemilu oleh KPU. SDM yang profesional merupakan titik sentral bagi suksesnya Pemilu 2019 dan Pilkada 2020,” imbuh Ilham Saputra.

Ilham juga menegaskan bahwa menyelenggarakan pemilu tanpa SDM yang berkualitas, pemilu akan berlangsung buruk akan tetapi dengan kualitas SDM yang baik maka pemilu akan berhasil dengan sukses.

Agenda konsolnas bidang Parmas dan SDM ini yang berlangsung di Aston Kartika ini akan mengevaluasi program sosialisasi dan peningkatan partisipasi masyarakat, serta pengembangan dan penguatan SDM KPU. Sementara agenda divisi lainnya dilaksanakan di tempat berbeda.

“KPU bertekad terus menjunjung tinggi profesionalisme, kompetensi dan integritas, hal ini sejalan dengan visi KPU yakni terwujudnya SDM yang profesional dan Berintegritas. Kita berharap agar pelaksanaan Pilkada 2020 di daerah juga mencapai hasil positif yang sama dengan Pemilu 2019,” tambah Adi Arwan Alimin Kordiv Parmas dan SDM KPU Provinsi Sulbar via rilis kepada media, Ahad (22/9).

Tingkat partisipasi pemilih di Sulawesi Barat pada Pemilu 2019 mencapai 86,71 persen. Sementara secara nasional tingkat partisipasi pemilih 81,93 persen.

Suasana kegiatan Konsolnas KPU RI Refleksi Pemilu 2019 dan Pilkada 2020. (Dok. Pribadi A3)

Sumber : Divisi Parmas dan SDM KPU Sulbar

Edit : Anhar

Bagikan

Komentar