Komisi II DPRD Sulbar saat meninjau PPN Palipi. (hms)
banner 728x90

Majene, Katinting.com – Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Barat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap sejumlah proyek di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palipi yang dikerjakan pada tahun 2023. Pekerjaan fisik termasuk pembangunan Breakwater atau pemecah ombak, serta rehabilitasi dermaga dan pabrik es.

Rombongan Komisi II DPRD Sulbar, yang diterima oleh Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Palipi, Maula, dan stafnya pada Sabtu, 13 Januari 2024, mengevaluasi hasil proyek tersebut. Salah satu pekerjaan yang dievaluasi adalah pembangunan Breakwater, di mana Ketua Komisi II DPRD Sulbar, Sudirman, menyatakan bahwa hasilnya belum maksimal dan pemanfaatannya belum aman bagi masyarakat.

“Ini tidak aman untuk sandar kapal,” ujar Sudirman. Oleh karena itu, Sudirman menekankan perlunya perencanaan yang lebih matang untuk proyek Breakwater di PPN Palipi agar benar-benar memberikan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat.

Selanjutnya, evaluasi dilakukan terhadap pekerjaan rehabilitasi dermaga yang sudah selesai namun belum dilengkapi dengan lampu penerangan. Sudirman menyarankan agar perlu diajukan anggaran untuk lampu penerangan dermaga pada proyek-proyek mendatang.

“Dermaga untuk sandar kapal nelayan tidak dilengkapi dengan lampu penerangan, sehingga perlu direncanakan penganggaran lampu penerangan dermaga ke depan,” kata Sudirman.

Terakhir, Sudirman menyoroti pengoperasian pabrik es, menyarankan agar produktivitasnya ditingkatkan. Dia mengungkapkan bahwa mesin pabrik es dengan kapasitas 120 balok per 30 jam perlu dimodernisasi dengan mereparasi mesin (upgrade) selama 15 jam untuk memaksimalkan produksi es.

“Pengoperasian pabrik es perlu ditingkatkan agar produktivitasnya meningkat. Mesin pabrik es dengan kapasitas 120 balok per 30 jam perlu dimodernisasi dengan mereparasi mesin (upgrade) selama 15 jam untuk memaksimalkan produksi es,” tandasnya.

(ADV/Ed: Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here