banner 728x90

Majene, Katinting.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat gelar rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443H/2022M di Hotel Lamasi, Kabupaten Majene. Jumat, 16 September 2022.

Rapat evaluasi ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat H. M. Muflih B. Fattah, juga wakil Bupati Majene, Arismunandar.

Arismunandar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Barat dan Pemerintah Kabupaten Majene sebagi tempat penyelenggaraan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Haji tahun 1443H/2022M yang terdiri dari 3 kabupaten yakni Kabupaten Majene, Polman dan Mamasa.

Lanjut kata Aris, rapat evaluasi ini bertujuan untuk membedah dan menguraikan berbagai persoalan yang dihadapi pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini, dengan harapan dapat menghasilkan catatan penting sebagai rekomendasi dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas penyelenggaraan haji di tahun yang akan datang.

Sementara itu, Muflih menyampaikan, bahwa momentum ini dimanfaatkan untuk mengevaluasi dan mereview apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan mulai dari bimbingan manasik haji, pemeriksaan kesehatan, begitu juga pemberangkatan dari daerah sampai ke embarkasi.

Selain itu, ia menegaskan kepada dinas kesehatan bahwa pemeriksaan kesehatan tidak boleh di tolerir. Karena kenapa, istithaah (salah satu syarat wajib haji) itu bukan hanya dari sisi materi, keuangannya tetapi dari sisi badannya (kesehatannya). Jelasnya.

Ibadah haji membutuhkan fisik yang kuat, mulai dari ihram dan niat, wukuf di arafah, mabit di muzdalifah, jumrah aqabah, mabit di mina, thawaf ifadah, dan thawaf wa’da.

Ia juga menyampaikan apreasi kepada Wakil Bupati Majene yang telah hadir memberikan semangat kepada para petugas haji dan eks ketua rombongan.

Muflih berharap seluruh peserta menyampaikan kekurangan dalam pelaksanaan haji tahun ini, supaya bisa menyempurnakan pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun yang akan datang.

Adv. Humas Kemenag Sulbar

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here