Foto bersama saat FGD di Maleo Hotel Mamuju. (hms)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Asisten III Setda Sulbar, Jamil Barambangi berharap adanya ide cemerlang dan gagasan baru untuk mendongkrak ekonomi makro di Provinsi Sulbar. Dan menurutnya, pengembangan industri sawit akan memiliki efek terhadap aspek pertumbuhan ekonomi utamanya dalam menekan angka kemiskinan ekstrem di Sulbar.

Itu disampaikan Jamil Barambangi mewakili Pj Gubenrur Sulbar saat membuka Focus Group Discussion (FGD) UKMK Sawitku Hebat dengan tema ‘Membangun Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) Berbasis Kelapa Sawit’, di Grand Maleo Hotel Mamuju, Selasa malam, 3 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bersama Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (ASPEKPIR) Indonesia.

Kata Jamil, mudah-mudahan melalui FGD ini ada gagasan baru sehingga betul betul kedepannya bisa menguntungkan dan membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian di Sulbar, ujarnya.

Sementara Kepala Divisi KUKM BPDPKS Helmi Muhansyah menjelaskan, komoditi sawit menjadi komoditi strategis dalam mendorong perekonomian dan sebagai sektor penyumbang devisa negara setiap tahunnya.

Dijelaskan berbagai produk turunan sawit yang dapat dikembangkan, olehnya melalui FGD ini dapat mewujudkan pengembangan sawit berkelanjutan.

“Tidak semua masyarakat mengetahui turunan sawit. Sehingga kedepan bagaimana mengembangkan sawit ini terus berkelanjutan,” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, BPDPKS telah memiliki program Gebyar UKMK Berbasis Sawit. Melalui program ini diharapkan masyarakat bisa merasakan manfaat kelapa sawit.

Ketua Umum Aspekpir Indonesia Setiyono mengatakan, petani sawit sangat merasakan manfaat dari Tandang Buah Segar (TBS) Kelapa sawit. Olehnya ia terus mendorong pengembangan kelapa sawit di Indonesia. Dan menurutnya hal itu dapat diwujudkan dengan adanya kemitraan.

“Tanpa kemitraan tidak akan jalan. Jadi harus persiapkan kemitraan. salah satu yang bisa membantu petani sawit adalah kemitraan. Kelapa sawit ini anugerah yang kita rasakan,” ucap Setiyono

Melalui FGD ini kita berikan wawasan, disamping kita menjual TBS ada kegiatan ekonomi yang kita jalankan agar kesejahteraan masyarakat makin bertambah. Banyak turunan kelapa sawit yang bisa kita kembangkan, ungkapnya.

(Diskominfopers Sulbar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here