Foto: Busrang Riandhy, Ketua Bawaslu Sulbar
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Ketua Bawaslu Sulbar Busran Riandy usai melakukan pemantauan di beberapa TPS di dalam Kota Mamuju menemukan beberapa KPPS melakukan pelanggaran prosedur yakni tidak menggukan antribut yang telah ditentukan bersama.

“Seperti di TPS 26 Galung itu semua KPPSnya menggunakan pakaian adat tapi tidak menggunakan Id Card dan itu sudah melanggar PKPU No 14,” kata Busran, Rabu (15/02).

Busran juga mengatakan selain temuan itu pihaknya juga menemukan pelanggaran TPS 7 karena membiarkan saksi luar untuk masuk menggunakan fasilitas tempat duduk di dalam TPS tersebut.

“Seharusnya itu yang dipasilitasi duduk  adalah pemili-pemilih yang datang dan satu saksi perwakilan dari tiga paslon,” ujarnya.

Dari temuan itu, Busran mengatakan akan melakukan kajian agar pesta demokrasi selanjutnya tidak terulang lagi kejadian serupa.

“Ini ranahnya adalah pelanggaran administrasi jadi mungkin penyampaian saja kepada teman-teman KPU agar tidak terjadi dikemudian hari,” tutur Busran.

Menurutnya agar kejadian tesebut tidak terulang kembali di Pemilu berikutnya KPU haris memberikan  pelatihan dan bimbimngan tehnis kepada  KPPS yang lebih maksimal. (Srf)

Bagikan
Deskripsi gambar...