banner 728x90

 

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di halaman kantor Bupati Mamuju
Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di halaman kantor Bupati Mamuju

Mamuju, Katinting.com – Peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW telah menjadi kultur masyarakat Islam di Indonesia, termasuk di Kabupaten Mamuju. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mamuju memperingatinya dengan menggelar lomba hias tirik di pelataran Kantor Bupati Mamuju, Jumat 16 Desember 2016.

Berbeda dengan peringatan maulid tahun sebelumnya yang di gelar masing-masing instansi, kali ini digelar secara terpadu. Menurut keterangan ketua PHBI Kabupaten Mamuju, Muh. Rusli Muis, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Mamuju, sehingga peserta bukan hanya dari SKPD yang ada di Kabupaten Mamuju, tapi juga seluruh cabang Disdikpora yang ada di kecamatan, serta sekolah-sekolah SMP dan SMA yang ada di Kota Mamuju.

“Tahun-tahun sebelumnya, ini dilaksanakan sendiri-sendiri, tapi tahun ini PHBI mengajak seluruh SKPD untuk terpadu dengan melibatkan jajaran Dinas Pendidikan. Jadi total peserta yang ikut lomba tirik sebanyak 77 peserta.” urai Rusli.

Terlepas dari lomba tirik maulid, memaknai hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid mengatakan, peringatan maulid hendaknya dijadikan media syiar islam dalam menanamkan nilai-nilai akhlaqul karimah yang dicontohkan oleh Rasulullah S.A.W. olehnya itu ia mengajak seluruh tamu dan peserta agar mengaplikasi ketauladanan nabi, baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan sosial maupun dalam berpemerintahan.

Hiasan Tirik di Kantor Bupati Mamuju
Hiasan Tirik di Kantor Bupati Mamuju

(Dian Hardianti Lestari)

Bagikan
Deskripsi gambar...