Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Harus Memiliki Bank Data

457 views

Pj. Gubernur Sulbar, Carlo B Tewu saat memberikan arahan dan masukan pada Pemaparan Program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Mamuju, Katinting.com – Usai mendengarkan pemaparan program prioritas Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Pejabat Gubernur Carlo Brix Tewu dalam arahannya berharap ada bank data untuk memuat soft copy dari semua program Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga data bisa lebih aman, terjaga dan pencariannya juga lebih mudah. Kamis (09/10).

Carlo Brix Tewu didampingi oleh Asisten Tata Praja, Nur Alam Tahir , Asisten Administasi Djamilah, Staf Ahli Gubernur, dr. Andi Munasir, Kepala Biro Humas dan Protokol Eman Hermawan, menginginkan Dinas Perpustakaan dan Arsip memberdayakan personil maupun sarana dan prasarana yang ada untuk perpustakaan.

“Ini semua perlu agar anggaran  tepat sasaran. Perhatikan efesiensi anggaran, bagaimana anggaran itu bisa efektif dan tepat sasaran. Kita tahu keterbatasan anggaran yang kita miliki, kita maksimalkan yang sudah ada, jangan kita terlalu banyak berkecimpun di kuantitas akan tetapi bagaimana kualitas lembaga ini ditingkatkan,” pungkasnya.

Ia juga menekankan agar OPD melakukan inovasi dalam menjalankan fungsi yang sudah diprogramkan dengan skala prioritas.

Dengan demikian dapat dilakukan efisiensi anggaran dan terwujud suatu proses penatan dan penyimpanan arsip yang betul- betul bisa terjamin. Sehingga kapanpun dan dimanapun saat kita butuhkan bisa dengan cepat didapatkan, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip  Provinsi Sulawesi Barat, Darmawati dalam penyampaiannya, Visi dari Dinas Perpustakaan dan Arsip adalah terwujudnya perpustakaan dan kearsipan sebagai sumber informasi terdepan, untuk mencerdaskan masyarakat dan sebagai memori daerah.

Dan pada tahun 2017 ini, Pagu Dinas Perpustakaan dan Arsip sebesar Rp. 2.500.000.000 untuk  sembilan program kerja. Masing-masing, program Pelayanan Administrasi perkantoran, program sarana dan prasarana aparatur, program peningkatan disiplin
aparatur, program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan, program perbaikan sistem administrasi kearsipan, program penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah, program  peningkatan kualitas pelayanan informasi, program pengembangan budaya baca dan dan pembinaan.

(ADV/Humas)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.