Bupati Matra (kedua dari kiri) didampingi Kabag Hukum Matra Darwis Pamontong (kiri)
Bupati Matra (kedua dari kiri) didampingi Kabag Hukum Matra Darwis Pamontong (kiri)
banner 728x90

Surabaya, Katinting.com – Pemkab Mamuju Utara menerima penghargaan, yang diberikan pada puncak Peringatan Hak Asasi Manusia se Deunia ke 68 tahun 2016 yang dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/12) oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

Pada kesempatan itu diserahkan penghargaan kepada 228 kabupaten/kota Peduli Hak Asasi Manusia dan kepada 10 Gubenur yang membina dan membangun sebagian besar atau seluruh kabupaten/kota di wilayahnya sehingga mendapat anugerah Peduli HAM tahun 2016. Menteri Yasonna Laoly juga memberikan penghargaan kepada 12 Kepala Kantor Wilayah Kemen Hukham yang mendorong sebagian besar atau seluruh kabupaten/kota di wilayahnya peduli HAM.

Adapun  Provinsi yang meraih anugerah pada peringatan hari HAM se Dunia adalah Sumatera Utara, JawaTimur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat,Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Provinsi Bangka Belitung.

Di Sulawesi Barat, 3 kabupaten/kota Peduli HAM 2016 adalah Mamuju Utara, Polewali Mandar dan dI Sulawesi Selatan hanya Kabupaten Bulukumba.

“Terimakasih dan penghaargaan kami kepada Gubenur dan seluruh jajaran pemerintah provinsi yang telah membina sleuruh kabupaten/kota atau sebagian besar di masing masing wilayah sehingga meraih penghargaan peduli HAM,” kata Yasonna dalam sambutannya.

Dia mengharapkan tahun depan, tidak hanya 10 Provinsi saja yang meraih penghargaan, dan lebih banyak lagi kabupaten/kota yang memenuhi kriteria  Peduli Hak Asasi MAnusia.

Yasonna menyambut gembira semakin banyak kabupaten/kota yang meraih predikat Peduli HAM ada tahun 2016. “Pada tahun 2015 lalu jumlah kabupaten/kota peduli HAM hanya 138 kota/kabupaten,  sehingga ada kenaikan hampir 70% pada tahu ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan tahun depan, indikator penilaian peduli HAM akan ditingkatkan dari lima kelompok penilaian menjadi tujuh kelompok. Meski demikian, dia mengajak seluruh daerah tetap berkomitmen dalam pemenuhan aspek dan kriteria peduli HAM di daerahnya.

“Kalau kita commit (Komitmen,red), masing – masing daerah Kabupaten/kota berusaha memenuhi aspek dan kriteria peduli HAM tentu diharapkan daerah terus meraih prestasi, sambil terus meningkatkan pelayanan publik,” imbuh Yasonna.

(Sumber Bagian Hukum Pemda Matra)

 

Bagikan
Deskripsi gambar...