banner 728x90

 

Kelompok Pemuda saat menghadiri upacara hari sumpah pemuda. (Kiri-kana) Selvi, Ashari dan Herlin
Kelompok Pemuda saat menghadiri upacara hari sumpah pemuda. (Kiri-kana) Selvi, Ashari dan Herlin

Mamuju, Katinting.com – Peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober setiap tahunnya dimaknai sebagai tanda awal kebangkitan Pemuda di Nusantara dalam meraih Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jika zaman sebelum Indonesia Merdeka, Pemuda tergabung dalam organisasi yang pada eranya sangat familiar seperti, Jong Selebes, Jong Ambon, Jong Java dan organisasi kedaerahan lainnya, berbeda dengan sekarang, sudah banyak organisasi Kepemudaan yang ikut andil dalam pembangunan Daerah.

Ditemui setelah Upacara Peringatan Sumpah Pemuda pada Jumat (28/10), beberapa aktivis Pemuda yang ada di Kabupaten Mamuju menyerukan bahwa Pemuda yang ada Mamuju sangat berkontribusi dalam Pembangunan dan Peningkatan yang terjadi di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat ini.

Salah satu aktivis Pemuda yang ditemui di sela-sela Upacara Peringatan Sumpah Pemuda mengatakan bahwa prestasi pemuda yang ada di Mamuju sangat pesat perkembangannya itu karena peranan yang telah dilakukan dalam pembangunan.

“Mamuju ini akan terus berkembang, akan terus maju kalau prestasi-prestasi pemudanya itu akan terus meningkat, dari pengawalannya menjalankan pemerintahan, menentukan kebijakan semua diambil alih oleh pemuda, jadi saya optimis Mamuju ini akan maju kedepannya” Ujar Zulfakhri.

Sebagai salah satu Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia, Sulawesi Barat, Selfi Febriani mengungkapkan bahwa Pemuda Mamuju itu Hebat, hal ini menurut Selfi sudah banyak kreatifitas yang dilakukan oleh Pemuda dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan akan memanfaatkan peluang yang akan diberikan oleh Pemerintah.

Sementara itu, Ashari Rauf yang juga aktivis Pemuda yang ada di Mamuju menyampaikan peran pemuda Mamuju sudah sangat baik, menurutnya dinamika yang terjadi khususnya dalam pembangunan pemuda sudah bisa memberikan kontribusi yang besar.

Ashari melanjutkan, banyak hal sebetulnya yang tentu menjadi tugas dan peran pemuda, pertama mengontrol kebijakan pemerintah, kedua ikut berpartisipasi dalam mencegah aksi-aksi gembong narkoba misalnya, itu yang dilakukan teman-teman pemuda hari ini. kemudian ikut aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, memberikan motivasi kepada generasi pelajar sebab kalau tidak dimulai dari sekarang, saya kira kedepan akan lemah kalau tidak dikokohkan generasinya

“Pemerintah harus memberikan ruang, sehingga terbangun mitra dan sinergi yang baik antara pemuda dan Pemerintah, sehingga Pemerintah melihat potensi pemuda dan potensi pemuda dapat ter eksplorasi karena adanya ruang,” ujar Ashari kepada Pemerintah Daerah

Dalam kesempatan tersebut, Ashari optimis Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Mamuju dapat memajukan generasi berikutnya, dan menjadikan Mamuju lebih baik lagi kedepannya. (Hasran)

Bagikan
Deskripsi gambar...