banner 728x90

Puskesmas Randomayang Sosialisasi dan Pengobatan Penyakit

1062 views
banner 728x90
Kepala Puskesmas Randomayang, Hasna Kabo Didampingi Kades Pangiang Saat Sosialisasi Penyakit Menular Di Poskesdes Salule

Kepala Puskesmas Randomayang, Hasna Kabo Didampingi Kades Pangiang Saat Sosialisasi Penyakit Menular Di Poskesdes Salule

Matra, Katinting.com – Puskesmas Randomayang, Kecamatan Bambabalamotu, Mamuju Utara berkeliling melakukan sosialisasi pencegahan dan pengobatan menular di Poskesdes Salule, Rabu (6/10).

Melibatkan seluruh staf Puskesmas Randomayang, kegiatan ini cukup sukses meski dengan keterbasan anggaran, sebab dana yang digunakan berasal dari swadaya. Selain itu Tim Pencerah Nusantara yang terdiri dari dokter, bidan, perawat dan sosiolog serta tenaga kesehatan masyarakat turut ambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Dinas Kesehatan Matra juga mengirim dua orang perwakilan sebagai pemateri untuk membantu menyukseskan sosialisasi tersebut.

Kegiatan ini disambut baik oleh pemerintah dan warga desa, hal itu terbukti dengan kehadiran warga yang datang dari berbagai dusun di sekitar desa Pangiang.

Menurut Kepala Pusekesmas Randoamayang, Hasna Kabo hal ini diamksudkan agar masyarakat lebih faham tentang jenis dan tata cara pencegahan dan pengobatan penyakit menular.

“Kami sangat bangga kepada warga karena cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Tujuan kami tak lain agar lebih memahami tentang jenis dan tata cara pencegahan dan pengobatan penyakit menular,” kata Hasna dalam sambutannya.

Ia menambahkan akan terus berupaya meningkatkan pelayanan khususnya bagi warga tak terkecuali bagi desa terpencil di wilayah Bambalamotu.

Ilham Akbar selaku dokter dari Tim Pencerah Nusantara dalam pemaparan materi menjelaskan secara spesifik penyakit menular terutama filariasis atau kaki gajah yang disebabkan oleh cacing filariasis yang ditularkan dari  gigitan nyamuk dapat diobati.

“Kaki gajah atau filariasis salah satu penyakit menular yang dapat disembuhkan dengan melakukan pengobatan secara berkelanjutan. penderita penyakit ini biasanya minder dalam pergaulan sehingga memberi dampak kerugian secara sosial dan ekonomi,” jelas dokter umum ini.

Untuk mencegah datangnya penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk baik itu malaria, kaki gajah dan lainnya, pihak dinas kesehatan Matra menghimbau warga agar terhindar dari gigitan nyamuk dengan cara memakai kelambu saat tidur. Atau mencegah berkembangnya nyamuk dengan melakukan 3D (menguras, menutup, mengubur) plus mendaur ulang barang-barang bekas. (Arham Bustaman)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.