Kondisi berlubang pada ruas jalan trans sulawesi dalam kota Mamuju Tengah. (dok Fhatur Anjasmara)
banner 728x90

Mamuju Tengah, Katinting.com – Sebentar lagi sejumlah ruas jalan penghubung antara kabupaten dan kabupaten, maupun penghubung propinsi dengan propinsi akan mengalami intensitas kepadatan berlalu linta, karena lonjakan arus mudik lebaran maupun arus balik nanti.

Meskipun saat ini tersisa dua pekan, umat islam menunaikan ibadah idul fitri, namun tanda tanda arus pemudik melintas di ruas jalan trans sulawesi tepatnya di ruas jalan yang melintas di Kabupaten Mamuju Tengah mulai terlihat, baik dari arah utara Bumi Lalla Tassisara, maupun dari arah selatan.

Namun, sampai saat ini juga perbaikan sejumlah ruas jalan trans sulawesi di bentang antara Kecamatan Pangale dengan Kecamatan Karossa, belum tampak terlihat, sehingga beberapa titik ruas jalan di wilayah Mamuju Tengah tampak berlubang akibat penurunan badan jalan.

“Terparah saat ini, wilayah Pololereng, tepatnya di jalan lurus sebelum masuk Barakkang, dari arah Mamuju, atau setelah Barakkang dari arah Mamuju Tengah, ruas jalan ini, nyaris merata mengalami penurunan” ungkap Rustam, salah sopir angkutan penumpang Palu-Bone.

Sopir lainnya, Kumang, juga memaparkan bahwa meskipun ruas jalan trans sulawesi di titik wilayah Salugatta, baru saja usai di tangani beberapa bulan sebelum ramadan, namun saat ini, gelombang di badan jalan tak terelakkan mulai terasa.

“Mulai dari puncak Salugatta, hingga sebagian di wilayah selepas Salugatta, saat masuk wilayah Kilo 10 Mamuju Tengah, bahkan menjelang masuk wilayah Polohu Mamuju Tengah, beberapa titik ruas jalan bergelombang” papar Kumang.

Ia juga menuturkan bahwa selain di titik di atas, menjelang masuk kota Mamuju Tengah, misalnya di wilayah Topoyo, beberapa titik ruas jalan juga berlubang, bahkan di sebagian tergenang air dan berlubang di sekitar kantor BNI Unit Mamuju Tengah.

“Dan sampai saat ini, belum ada upaya dari Balai Pengelola Jalan & Jembatan Nasional (BPJN) wilayah Sulbar, melakukan pemeliharaan” tutur Kumang.

Terpisah saat di hubungi oleh laman ini PPK2.1 penanggungjawab ruas trans sulawesi Le,beng Mamuju sampai Karossa Mamuju Tengah Andi Roely Akib, mengkonfirmasi, apakah menjelang arus mudik lebaran dan balik tahun 2023 ini, ada perbaikan ruas jalan di wilayah Mamuju Tengah, hingga berita ini naik tayang, belum memberikan respon apapun. (Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here