oleh

Deteksi Awal Hama dan Penyakit Tanaman, BPP Simboro Lakukan Penyuluhan di Sese

-Daerah, Mamuju-177 Dilihat
banner 728x90
BPP Simboro saat lakukan penyuluhan tanaman jagung. (Ist.)

Mamuju, Katinting.com – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Simboro, melakukan penyuluhan tanaman di Lingkungan Sese, Kelurahan Rangas. Kamis, 2 Desember 2021.

Penyuluhan dilakukan untuk mencegah serangan hama dan penyakit pada pertanaman jagung yang ada di Kelurahan Rangas tepatnya di Lingkungan Sese yang salah satu dari 8 desa/kelurahan di wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Simboro.

Dalam penyuluhan ini dilakukan langsung oleh Kepala BPP Simboro, Muh Fahry SP bersama petugas Pengamat OPT Yusriah K, SP dari UPTD BPTPH (Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura) Provinsi Sulawesi Barat yang khusus di tugaskan di Kecamatan Simboro, beserta Penyuluh Pertanian Kelurahan Rangas Abd Wahab SP untuk melakukan  pengamatan hama dan penyakit tanaman.

“Ini adalah upaya yang kami lakukan agar kami bisa mendeteksi lebih awal jikalau ada serangan hama dan penyakit pada pertanaman jagung, jadi ini salah satu bentuk pencegahan awal,” kata Kepala BPP Simboro, Muh Fahry SP.

Lanjut kata Yusriah, pengamatan hama dan penyakit sangat penting, mengapa demikian? dengan dilakukan pengamaan kita dapat mengetahui hama dan penyakit apa yang menyerang tanaman dan kita bisa mencegahnya secara dini, ucapnya.

“Dengan demikian bisa diketahui kendala dalam budidaya, baik kendala masalah hama maupun penyakit yang menyerang,” tutur Yusriah.

Menurut salah satu petani, Jasman bahwa, apa yg dilakukan oleh Kepala BPP dan pengamat hama serta penyuluh pertanian  adalah sangat membantu.

“Ini sanga membantu kami sebagai petani, karena pengetahuan kami tentang hama dan penyakit tanaman masih sangat rendah, saya berharap kegiatan seperti ini agar rutin dilakukan demi peningkatan produktifitas lahan kami,” sebut Jasman.

(Anhar)

Bagikan
banner 728x90

Komentar