Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Mamuju, Sudirman Samual. (Dok. Ist)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Daftar Calon Tetap tahapan pencalonan anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten atau kota dalam waktu dekat ini akan ditetapkan.

Dimana dalam tahapannya, pencermatan rancangan DCT dilakukan sejak 24 September hingga 3 Oktober 2023 lalu. Sementara untuk penyusunan dan penetapannya dilakukan sejak 4 Oktober hingga 3 November 2023 mendatang.

“Dan pengumuman DCT pada 4 November 2023 mendatang, setelah melalui proses verifikasi oleh KPU,” kata Koordinator Divisi (Kordiv) Teknis Penyelenggaraan KPU Mamuju, Sudirman Samual, Senin (30/10/23).

Sudirman menuturkan, pada saat pencermatan DCT, terjadi beberapa pergantian. “Itu memang secara regulasi kan dimungkinkan untuk melakukan penggantian. Jadi, ada beberapa partai melakukan penggantian calon,” ujarnya Sudirman Samual.

Hanya saja Parpol yang melakukan pergantian calon harus meyakini bahwa dokumen pengganti telah memenuhi syarat. Itu dikarenakan tidak akan ada lagi masa perbaikan setelah penggantian itu dilakukan.

“Jadi, sekarang kami melakukan verifikasi berdasarkan dokumen yang berada dalam aplikasi silon. Semua yang diatur dalam PKPU nomor 10 tahun 2023 tentang pencalonan, kita mengikuti itu. Dan semua akun-akun atau aplikasi-aplikasinya di silon itu kan jelas,” ujarnya.

Terkait keterwakilan perempuan, kata Dia, pihaknya masih berdasarkan PKPU nomor 10 tahun 2023. Hanya saja, sampai saat ini belum ada regulasi yang mengatur tentang sanksi bagi partai politik yang tidak memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.

“Sejauh ini kita juga menunggu Juknis (petunjuk teknis) dari KPU yang belum turun sampai hari ini,” tutup Sudirman Samual.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here