Thumbnails video shorts Youtube.
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Beredar potongan video di fitur shorts Youtube yang menyatakan “WARGA SUDAH MUAK TAK SAPA JOKOWI LAGI”. Dalam potongan video berdurasi 00.32 detik itu, terlihat Presiden Joko Widodo tengah berada di sebuah mall.

Potongan video ini diposting oleh akun @ngerinyanegeriku3987 di shots Youtebe.  Saat di cek di tools invid video debunker video shorts ini juga banyak dibagikan akun lain. 

Setelah diverifikasi terhadap narasi dan video tersebut dengan menggunakan Fake News Debunker by Invid, Google Image, Yandex Image,, dan pemberitaan media, ternyata akun tersebut memberikan informasi palsu. Akun itu sengaja mendiskreditkan Presiden Jokowi. Hal itu berbeda dengan yang di posting Jokowi di reels Instagramnya.

Di reels Instagram Jokowi, ia membagikan kegiatannya saat menemani kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah bermain di Happy Hive Playground  di salah satu mall di  Jakarta. 

“Menikmati akhir pekan dengan menemani cucu-cuc bermain di Mall Jakarta, Sabtu 10 Februari 2024,” tulis caption di reels Jokowi.

Saat berada di mall, Jokowi dan juga kedua cucunya kompak menyapa pengunjung mall tersebut. 

Dengan begitu, potongan video yang mengatakan  “WARGA SUDAH MUAK TAK SAPA JOKOWI LAGI” yang diunggah  @ngerinyanegeriku3987 di shots Youtube bersifat informasi palsu atau debunker. 

Sekedar diketahui Debunker adalah orang yang mencoba untuk mengekspos atau mendiskreditkan klaim diyakini palsu, berlebihan atau bermegah.

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparannews/akhir-pekan-jokowi-temani-kedua-cucu-bermain-di-playground-228wC5Fv2s2

https://www.instagram.com/reel/C3MT_cxPnkn/?igsh=MW92dDZ6b2s4OXp2dQ==

(Cek Fakta/Zulkifli)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here