Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa (kiri) saat mengambil sumpah jabatan M. Zain Machmud (kanan) menjadi Sekda Pasangkayu
banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa melantik M. Zain Machmud menjadi Sekretaris Daerah Pasangkayu menggatikan Rachmat K Turusi.

Rachmat meninggal di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, 20 Maret 2023 lalu saat kunjungan kerja mandampingi bupati Pasangkayu.

Kemudian, ia digantikan sementara oleh Kepala Bappeda Pasangkayu, Kasmuddin sebagai Penjabat Sekda Pasangkayu.

Pengambilan sumpah jabatan mantan Sekretaris DPRD Pasangkayu itu berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin, 26 Juni 2023.

Wakil Bupati Pasangkayu, Herny Agus, Dandim Pasangkayu, Letkol. Inf. Rachmat Yunus hingga mantan sekda Pasangkayu, HM. Natsir tampak hadir selain sejumlah kepala OPD.

Selain itu, Alwiaty (Ketua DPRD Pasangkayu), AKP. Pandu Arief Setyawan (Kabag Ops mewakili Kapolres Pasangkayu), Primawibawa Rantjalobo, (Kasi BB mewakali Kepala Kajari Pasangkayu), I Ketut Darpawan (Kepala Pengadilan Pasangkayu), Mohammad Ali Chadra (Kepala BKD Prov. Sulbar), dan Aulia Yaumil, Adj (Ketua TP PKK Pasangkayu) juga hadir.

“Sekda merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan daerah. Untuk itu, harus mampu berperan sebagai komunikator, kordinator, dinamisator, fasilitator, inspirator dan motivator dalam menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, menjaga kestabilan kinerja aparatur masing-masing OPD untuk mensinergikan implementasi kebijakan daerah melalui program-program nyata bagi masyarakat,” kata Yaumil dalam sambutan.

Adanya kemampuan dan kompetensi maksimal, tambah Yaumil, sekda tentu akan menjadi faktor penting dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai aparatur untuk memberikan pelayan terbaik bagi publik, mengkoordinir setiap OPD, menjaga kewibawaan, mengatur hubungan baik dan kerjasama dengan pemangku kepentingan, khususnya DPRD, maupun elemen-elemen elit lainnya

Dia mengatakan, terkait harmonisasi hubungan dengan DPRD tentu ini menjadi nilai plus bagi M. Zain Machmoed. Pasalnya, hampir seluruh rentang karirnya selama ini sangat erat dengan DPRD. Mulai dari jabatan Kabag Humas DPRD hingga Sekwan pernah diemban.

Sehingga kompetensi birokrasi dan profesionalisme yang dia miliki terasa lengkap dengan adanya kemampuan tambahan dalam menjalankan komunikasi politik dengan DPRD.

Sehingga diharapkan mampu memfasilitasi program yang diajukan kepala daerah dan mengakomodir usulan atau masukan dari DPRD akan berjalan mulus agar visi dan misi kepala daerah dapat terlaksana dengan baik.

“Saya percaya, dengan komitmen yang kuat, profesional, dan penuh integritas, saudara mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh pemerintah daerah dengan sebaik-baiknya, Mari bekerjasama secara sinergis, berkarya dan berkontribusi dalam mendukung percepatan pembangunan di daerah ini, demi terwujudnya Visi dan Misi Kabupaten Pasangkayu,” tegas mantan ketua DPRD Pasangkayu itu.

Pada kesempatan ini, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kasmuddin atas dedikasi yang luar biasa. Baik pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu selama menjabat sebagai Pj. Sekda Pasangkayu.

HR/AB

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here