Jalan berlubang dalam kota Topoyo
Jalan berlubang dalam kota Topoyo
banner 728x90

Topoyo, Katinting.com – Proses pembangunan ruas jalan poros dalam kota Topoyo, ibukota Mamuju Tengah, Sulawesi Barat mendapat sorotan dari LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat).

Pasalnya, proses pekerjaan masih berjalan itu masih banyak titik yang berlubang dan bergelombang. Sehingga sisi lain jalan yang belum diaspal cukup menghambat laju pengendara.

Terpantau, Senin, 15 November 2021 jalan itu tak ubahnya seperti kubangan lebih lagi saat turun hujan. Sebagian material juga masih menumpuk di badan jalan.

Gubernur Lira Sulbar, Ir. Masnur Mas melalui media ini, Selasa, 16 November 2021, berbicara blak-blakan terkait pekerjaan jalan sepanjang sekira 3 KM itu.

Tegas dia katakan, kontraktor kerja asal-asalan. Sebab material dihambur begitu saja di jalan yang menyebabkan pengguna jalan terhambat.

“Itu menghalangi pengguna jalan. Diperparah lagi ketika hujan turun, air tergenang dan menutupi jalan yang bergelombang sehingga dapat mengakibatkan terjadi kecelakaan lalu lintas,” kata Masnur.

Harusnya, lanjut dia, ketika kontraktor telah bekerja maka keselamatan pengguna jalan harus lebih diutamakan. Karena, jalan yg berlobang itu berpotensi mengakibatkn terjadi kecelakaan.

“Jadi ratakan saja hingga tak bergelombang atau ditimbun. Juga material itu janganlah ditumpuk di areal jalan” lanjut Gubernur LIRA Sulbar itu.

Ia mengaki, pun tidak melihat ada papan proyek tersebut dipasang di areal pekerjaan. Dia sebut itu kurang transparan, sebab sudah diatur di Perpres 54 tahun 2010 dan Permen PU nomor 12 tahun 2014. Dan, itu harus terpasang sampai pekerjaan itu selesai.

Seorang warga Topoyo yang diwawancara juga mengaku pekerjaan sudah cukup lama dikerjakan. Namun, kondisinya masih seperti itu.

Arham Bustaman

 

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here