Foto bersama usai acara ublic Hearing on Trustworthy News Indicators di Manado.
banner 728x90

Manado, Katinting.com – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bekerjasama dengan Internews dan USAID MEDIA mengadakan Public Hearing on Trustworthy News Indicators. Acara ini merupakan uji publik penerapan indikator keterpercayaan media dalam Konferensi Wilayah ke III AMSI Sulawesi Utara, digelar secara hybrid di Quality Hotel, Manado, pada Sabtu (09/12/2023).

Evan Steven Liow, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Daerah Sulawesi Utara, memberikan dukungan penuh atas upaya AMSI dalam meningkatkan kompetensi media yang dapat dipercaya.

“Kita membutuhkan media yang bertanggung jawab dan kiranya apa yang dilakukan hari ini oleh AMSI Sulut akan memberikan warna yang baik serta hasil yang diharapkan dan siapapun yang terpilih menjadi ketua kiranya bisa berkarya terus,” ucapnya.

Firmansyah Syamsi, Program Manager Internews Indonesia, juga menyampaikan dukungannya terhadap upaya AMSI dalam Trustworthy News Indicator.

Trustworthy News Indicators telah diadopsi oleh 31 media anggota AMSI di seluruh Indonesia, dengan penempatan logo “trusted” pada website masing-masing.

Diskusi Public Hearing ini, yang dimoderatori oleh Pemimpin Redaksi Beritamanado.com Finda Muhtar, menghadirkan pemateri seperti Wakil Ketua Umum AMSI Upi Asmaradhana, Ketua Bawaslu Sulawesi Utara Ardiles Mewoh, dan Akademisi Universitas Sam Ratulangi Manado Ferry Liando.

Dr. Ferry D. Liando dari Universitas Sam Ratulangi mengemukakan pandangan mengenai independensi media yang bisa diuji lewat proses pemilu. Diskusi juga menyoroti pentingnya pencegahan informasi hoaks serta cara menyikapi opini berdasarkan fakta dan data.

Selain Sulawesi Utara, AMSI berencana untuk mengadakan public hearing serupa di Kalimantan pada 20 Desember dan di Jawa Tengah pada Januari/Februari. Ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi lebih banyak media dalam menerapkan indikator keterpercayaan, memastikan keberlangsungan media yang lebih dapat dipercaya oleh masyarakat. (*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here