Potongan gambar klaim akan mengulang laga Indonesia versus Uzbekistan dan ternyata HOAX. (dok. CekFakta Katinting.com)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Beredar sebuah narasi berisi klaim laga Indonesia versus Uzbekistan piala AFC-2024 akan diulang, karena ditemukan kecurangan wasit yang memimpin pertandingan pada laga Senin (29/04) malam tadi.

Bahkan narasi berikutnya juga diklaim kalau wasit Shen Yinhao dipecat oleh Fifa dan tak bisa lagi memimpin pertandingan bola dalam kejuaraan apapun “KABAR GEMBIRA, BUAT MANIAK BOLA DI INDONESIA, AFC MEMUTUSKAN MENGULANG LAGA PERTANDINGAN ANTARA TIMNAS INDONESIA VERSUS TIMNAS UZBEKISTAN, KARENA WASIT YANG MEMIMPIN PERTANDINGAN, MELAKUKAN KECURANGAN PADA TIMNAS INDONESIA, PERTANDINGAN DIULANG USAI PROTES KERAS DISAMPAIKAN KETUA PSSI INDONESIA ERIK TOHIR KEPADA AFC DAN FIFA.

WASIT YANG MEMIMPIN PERTANDINGAN MALAM TADI SHEN YINHAO JUGA DIPECAT DAN TAK BISA MEMIMPIN PERTANDINGAN DIMANAPUN DAN LAGA APAPUN… VIRALKAN KABAR GEMBIRA INI”

Pesan ini, beredar disejumlah group perpesanan WhatsApp warga Sulawesi Barat, dan dibagikan terus menerus sejak pukul 10:00 WITA, dan hingga pukul 15:00 WITA, Selasa (30/04).

Untuk itu tim CekFakta www.katinting.com segera melakukan penelusuran kebeneran informasi tersebut, dengan memanfaatkan sumber terbuka di internet, dan tim menemukan sejumlah link dari beberapa media telah melakukan CekFakta atas informasi tersebut.

Sejumlah media online menemukan fakta, bahwa sumber informasi pertama kali dibagikan oleh sejumlah akun Youtube seperti BOBOLA TV sudah ditonton 135 ribu, Arie Adiyasa ditonton 247 dan Onlen News ditonton 513 ribu ribu.

“INDONESIA VS UZBEKISTAN RESMI DI ULANG ATAS REKOMENDASI KOMITE WASIT AFC DAN FIFA PADA HARI INI” Tulis BOBOLA TV

“YES ALHAMDULULLAH RESMI DIULANG – AFC Beri pernyataan bijak ini usai temukan kejanggalan dari asit” tulis Arie adiyasa.

“UZBEKISTAN PASRAH !! AFC Temukan KECURANGAN, Laga Timnas U23 Vs Uzbekistan Diulang Rabu ~ Harus itu” tulis Onlen News.

Namun dari penelusuran tim CekFakta tidak ditemukan pernyataan resmi dari sumber resmi baik AFC maupun FIFA, terkait akan diulangnya laga Indonesia versus Uzbekistan, pun juga dari laman PSSI dan akun Medsos Timnas, juga tidak ditemukan pernyataan resmi terkait informasi yang dibagikan oleh sejumlah pihak yang berisi klaim mengulang laga Indonesia versus Uzbekistan.

Kesimpulan,
Karena berdasarkan penelusuran tim CekFakta www.katinting.com tidak menemukan pernyataan resmi dari sumber resmi baik AFC, FIFA, PSSI dan akun Medsos Timnas Indonesia, sehingga narasi yang beredar berisi klaim laga Indonesia versus Uzbekistan akan diulang, adalah informasi sesat berisi informasi HOAX, sehingga tim CekFakta meminta kepada para pembaca katinting.com untuk bijak, memastikan kebenaran informasi sebelum share.

Rujukan fakta :
– https://www.viva.co.id/bola/liga-indonesia/1709913-cek-fakta-pertandingan-timnas-indonesia-vs-uzbekistan-diulang-karena-wasit-curang
– https://cekfakta.harianjogja.com/read/2024/04/30/566/1172932/pertandingan-indonesia-lawan-uzbekistan-bakal-diulang-karena-wasit-janggal-ini-faktanya

– https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/30/153000782/-hoaks-pertandingan-indonesia-vs-uzbekistan-diulang-karena-ada

(CekFakta/Fhatur Anjasmara)

Bagikan