Kapolda Sulbar saat memimpin upacara dengan Polhut
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Kapolda Brigjen Pol Nandang yang memimpin apel siaga pengamanan hutan Dinas Kehutanan Sulbar di di Kawasan Wisata Bukit Jati Gentungan Kabupaten Mamuju, Rabu, 8 Maret.

Nandang mengemukakan bila wilayah kawasan hutan cukup luas. Namun, dengan sumber daya manusia ada tentu kewalahan sehingga harus memberdayakan masyarakat.

“Masyarakat harus dibina dan diarahkan, sehingga masyarakat bisa berpartisipasi dalam mengamankan hutan ini. Kan jumlah Polhut hanya 313 ini tak bisa mengcover (melindungi/menjaga,red) semuanya,” ungkapnya.

Sehingga pelibatan masyarakat perlu dalam menjaga kawasan hutan. Polisi Hutan (Polhut) diminta senantiasa berkoordinasi dengan polisi dan memanfaatkan masyarakat tinggal di sekitar wilayah hutan menjaga kelestarian hutan.

Kepala Dinas Kehutanan Sulbar, Fakhruddin HD menjelaskan tekanan keamanan hutan sudah dipetakan. Kawasan hutan di Sulawesi Barat cukup luas. Luasnya 1,1 juta hektare.

Ada di sektor timur Kabupaten Mamuju, sektor Utara dan Timur kabupaten Mamuju Tengah, sektor timur kabupaten Mamuju Utara.

“Itu terutama rawan di area perbatasan. Hal ini kami sudah petakan dan indentifikasi. Untuk itu, kita melaksanakan perencanaan yang matang dalam rangka pengamanan hutan. Tentu berkoordinasi dengan semua, juga aparat kepolisian,” paparnya.

Hadir juga dalam apel itu, Penjabat Gubernur Sulbar, Carlo B Tewu serta pejabat OPD Sulbar. (ADV/Srf)

 

Bagikan
Deskripsi gambar...