banner 728x90

Koalisi Aktivis Anti Korupsi Ajak Warga Tolak Revisi UU KPK

834 views
banner 728x90
Koalisi Aktivis Anti Korupsi Sul-Sel Tolak Revisi RUU KPK

Santa TG Koordinator Koalisi Aktivis Anti Korupsi Sul-Sel Tolak Revisi RUU KPK

Katinting.com, Makassar – Rencana DPR RI dan Pemerintahan Jokowi-JK untuk merevisi undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, ditanggapi serius sejumlah aktivis di Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Koalisi Aktivis Anti Korupsi Sul-Sel untuk melakukan penolakan atas revisi undang-undang tersebut.

Koalisi Aktivis Anti Korupsi Sul-Sel Tolak Revisi RUU KPK ini, mengajak seluruh masyarakat untuk menolak secara tegas rencana tersebut.

Rencana tersebut dinilai akan sangat berpotensi memperlemah dan menghambat ekselerasi Pemberantasan Korupsi di Indonesia.

“Kita lihat dari segi draf yang beredar dan telah kami analisa faktanya akan membuat KPK semakin mati suri,” Pungkas Koordinator Koalisi Santa TG.

Ada beberapa poin penting yang kita tolak tegas antara lain, pembentukan Badan Pengawas KPK, adanya kewajiban KPK untuk meminta izin sebelum menyelidiki indikasi korupsi yang melibatkan penyelenggara Negara, serta dibatasinya kewenangan penyadapan dan beberapa kewenangan-kewenangan strategis lain yang dimiliki selama ini, terang Santa Putra Sulbar ini yang bergabung dengan Komisi Pemantau Lebislatif (Kopel) Indonesia di Makassar.

“Kenapa kami tegas menolak karena kewenangan strategis KPK selama ini akan sangat terganggu,” ungkapnya.

Lebih lanjut Santa mengatakan bahwa pernyataan Anggota DPR-RI dan pemerintah dibeberapa media akhir-akhir ini yang mengatakan untuk memperkuat KPK  justru merupakan bentuk kebohongan publik jika kita mengacu pada draf yang beredar dan sesuai hasil-hadil analisis teman-teman LSM di Jakarta, imbuhnya. (ST/Ed:Anhar Toribaras)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.