Calhaj Mamuju Tengah kelompok lansia, sedang mendapatkan pelayanan maksimal dari petugas haji Mamuju Tengah, sesaat sebelum diberangkatkan menuju asrama haji Makassar, Jumat, 16 Juni 2023. (dok Fhatur Anjasmara)
banner 728x90

Mamuju Tengah, Katinting.com – Diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, oleh salah seorang Qori, di Mamuju Tengah, acara pemberangkatan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Mamuju Tengah kelompok terbang 37, dengan jumlah Calhaj 179 orang dimulai, pada Jumat (16/06).

Kepala Kemenag Mamuju Tengah H Muliadi, mengungkapkan bahwa total jumlah Calhaj yang akan diberangkatkan oleh Pemkab Mamuju Tengah, berjumlah 183 untuk dua keloter, masing masing Keloter 37 sebanyak 179 orang Calhaj dan keloter 43 sebanyak 4 orang.

“Sehingga totalnya adalah 183 orang, dengan kriteria Calhaj lunas tunda, dimana sudah lunas, namun tertunda karena Covid dan pembatasan jumlah Calhaj, dan kriteria lain adalah urut porsi, dan akan berangkat dari emkarsi Hasanuddin Makassar” jelas Muliadi.

Sementara itu Ketua DPRD Mamuju Tengah DR Arsal Aras, dihadapan ratusan Calhaj Mamuju Tengah, menyampaikan harapannya, ditengah tema haji 2023 adalah Haji Ramah Lansia, maka berharap kepada Calhaj kiranya dalam beribadah ditanah suci nanti, agar saling memegang prinsip bahwa Calhaj Mamuju Tengah adalah satu keluarga semua, sehingga dapat saling mengjada satu dengan yang lain.

“Tentu ini adalah satu tantangan tersendiri, mengingat banyak Calhaj yang berkategori lansia, karenanya, meskipun perjalanan ini adalah perjalanan ibadah, namun tetap harus mengedepankan kesehatan dengan mengjaga fisik selama beribadah haji” harap Arsal.

Ia menuturkan bahwa saat tiba masa wukuf di Arafah nanti, dipastikan suhu mencapai 50 derajat celcius, tentu ini adalah sebuah tantangan yang membutuhkan strategi tersendiri menghadapi wukuf di Arafah, dimana saat ibadah kecil nanti, kiranya jangan dipaksakan, cukup sesuai kemampuan tubuh.

“Ini menjadi penting, sehingga nanti kala tiba masa wukuf, tubuh tetap vit, sehingga kita semua bisa menyempurnakan perjalanan ibadah kita di tanah suci, kalau sudah masa wukuf tidak ada masalah” tutur Arsal.

Ditempat yang sama, mewakili Bupati Mamuju Tengah Sekertaris Kabupaten Mamuju Tengah DR Askary Anwar, mengharapkan kepada para Calhaj untuk tetap mengjaga nama baik daerah, bangsa dan negara. Sebab sepanjang perjalanan pelaksanaan ibadah haji, jamaah haji Indonesia dianggap jamaah haji paling tertib.

“Karenanya, kami berharap ini dijaga, bahkan kami berharap jamaah haji Mamuju Tengah, jamaah haji paling tertib dari Indonesia” harap Askary.

Ia menambahkan karena kali ini, ada banyak kelompok lansia yang berangkat haji, sehingga harapan Pemkab Mamuju Tengah, kiranya jamaah haji asal Mamuju Tengah, dapat saling mengjaga satu dengan yang lain.

“Sehingga para lansia juga tetap dapat beribadah dengan baik, namun dipastikan di sana, akan ada banyak petugas haji kita, akan memberikan pelayanan yang baik kepada para lansia” imbuh Askary.

Pemberangkatan Calhaj Mamuju Tengah berlangsung di Rujab Ketua DPRD Mamuju Tengah, dan disaksikan ribuan warga Mamuju Tengah, baik keluarga maupun kerabat Calhaj dan warga Mamuju Tengah sendiri, dengan jumlah armada bus yang diberangkatkan dari salah satu PO angkutan darat, sebanyak 6 unit bus menuju asrama haji Makassar. (Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here