Ketua dan Sekretaris AMSI Sulbar Periode 2021-2024, Anhar-Busman. (Dok. Zulkifli)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Anhar-Busman terpilih secara aklamasi untuk kembaliĀ  memimpin Asosiasi Media Siber Indonedia (AMSI) Sulbar, periode 2021-2024 pada Konferensi Wilayah (Konferwil) ke II, di Almira Cafe, Mamuju, Sabtu, (12/6).

Anhar beserta jajaran pengurusnya di periode sebelumnya tergolong sukses menahkodai AMSI Sulbar, karena sejumlah giat untuk mewadahi dan meningkatkan kapasitas media siber lokal pun menjadi prestasi, sehingga atas dasar itu ia kembali diberi mandat , untuk kembali memimpin AMSI Sulbar.

Usai ditetapkan pada Konferwil II yang mengangkat tema “Profesionalisme dan Media Siber Terpercaya” itu, Anhar berharap sejumlah perbaikan yang tak sempat tersentuh di periode sebelumnya dapat diperbaiki di periode selanjutnya.

ā€œKedepan akan terus kita evaluasi untuk membuat perusahaan pers yang tergabung maupun yang akan bergabung dengan AMSI Wilayah Sulawesi Barat untuk membuat media lebih profesional,ā€ ucap Anhar.

Korwil AMSI wilayah Indonesia Timur, Upi Asmaradhana yang turut hadir dalam acara Konferwil ke II itu, mengemukakan, bahwa AMSI Sulbar, adalah pondasi awal peletak dasar model pembentukan seluruh pengurus wilayah AMSI yang di Indonesia saat ini.

“AMSI Sulbar , merupakan wilayah pertama yang dibentuk, pengurus nasional 2017 silam. Sebagai organisasi yang baru berdiri, pengurus nasional belum memiliki konsep baku soal pembentukan pengurus daerah yang dinamakan pengurus wilayah. Belakangan, konsep ini telah diatur dalam AD/ART dan petunjuk organisasi,”Ā  ungkap Upi.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa dirinya berangkat ke Mamuju di Tahun 2017 silam, berdasarkan perintah lisan dari Ketua Umum dan Sekjen serta hasil diskusinya dengan sejumlah perusahaan media online.

“Pengurus nasional menilai, pembentukan pengurus wilayah menjadi kebutuhan utama dan mendesak.Ā  Dan seperti yang dicatat dalam sejarahnya, AMSI Sulbar kemudian menorehkan dirinya sebagai pengurus wilayah pertama yang berdiri di Indonesia,” jelasnya.

Kala itu, menurut Upi, terdapat sekitar 10 media online di wilayah Sulbar, menggelar konferensi wilayah Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Mamuju, tepatnya pada Kamis, 5 Oktober 2017 silam.

“Sejumlah media yang mengikuti konferensi antara lain, Mandarnews.com, Katinting.com, Mamujupos.com, Malaqbi.com, Kandoranews.com, 2enam.com, Terassulbar.co, Wacana.info, dan Mediaekspres.com, serta Suryatopnews.com,” terang pimpinan media Kabar Group Indonesia (KGI) itu.

“Kini, AMSI telah berdiri di sekitar 21 pengurus wilayah di Indonesia, dengan sekitar 300 lebih anggotanya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” sambungnya.

Lebih lanjut ia meminta, agar kedepannya seluruh anggota AMSI terus menjaga profesionalisme, Ā saling merangkul sesama media, solidaritas serta terus memupuk suasana kekeluargaan.

“AMSI mengambil peran untuk membuat media-media lokal, bisa survive dalam situasi pandemi yang berkepanjangan ini, tentu membuat media-media terancam gulung tikar,ā€ tutupnya.

Untuk diketahui, selain menetapkan ketua dan sekretaris, agenda Konferwil II AMSI Sulbar, juga menetapkan 3 Dewan penasehat, dari kalangan akademisi Dr. Rahmat Idrus, kalangan tokoh agama Ustad Nursalim Ismail, serta kalangan pers Sudirman Samual.

(Anto/Mp/Zul)

Bagikan