banner 728x90

Majene, Katinting.com – Pj Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, mengungkapkan apresiasi atas pengukuhan Dr. Muhammad Idris sebagai Tomakaka Adaq Tuho Ulumanda, dan Tomakaka Baine Lilis Suriani Adaq Tuho Ulumanda, di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, Sabtu, 2 Maret.

Acara pengukuhan tersebut turut dihadiri oleh Maradika Mamuju Andi Bau Akram Dai, sejumlah tokoh adat, serta pejabat dari Pemprov Sulbar dan Pemkab Majene, disaksikan oleh seluruh masyarakat Kecamatan Ulumanda.

Dalam acara tersebut, Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Zudan, secara resmi menyerahkan pataka dan cindera mata kepada Muhammad Idris sebagai Tomakaka ke-19 dan Lilis Suriani sebagai Tomaka Baine Adaq Tuho Ulumanda. Prof. Zudan mengawali sambutannya dengan pesan tentang pentingnya persatuan sebagai kekuatan bagi Sulawesi Barat.

“Persatuanlah yang diharapkan agar kita kuat dan tenang dalam kebersamaan,” ujar Prof. Zudan.

Dia menekankan bahwa adat dan aturan adalah pengikat yang penting dalam membangun masyarakat yang kuat dan damai. “Adat itu pengikat, adat itu pemersatu agar kita sebagai bangunan tetap kuat, tidak mudah roboh. Maka masyarakat semuanya, termasuk anak muda, teruslah perkuat adat kita agar kita semua bisa maju. Pertahankan kekayaan kita, kerukunan kita semua,” tambahnya.

Selain itu, Prof. Zudan juga menyoroti potensi kekayaan alam di Kecamatan Ulumanda. Beliau menyarankan agar Ulumanda mengembangkan sport center, taman wisata, dan ruang pelatihan seni dan budaya sebagai upaya untuk memajukan daerah tersebut.

Kunjungan ini merupakan salah satu langkah dalam menjaga dan memperkaya budaya serta tradisi Sulawesi Barat. Dengan demikian, diharapkan kekayaan budaya dan alam Sulawesi Barat akan terus dilestarikan dan menjadi sumber kebanggaan bagi masyarakatnya. (adv)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here