Bupati Sutinah saat meninjau PSu di Simboro, Mamuju. (hms)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Mamuju mengalami Pemungutan Suara Ulang (PSU) hari ini Sabtu 24 Februari 2024 dalam rangka penyelesaian permasalahan yang muncul selama pemilihan serentak.

TPS bermasalah tersebar di Kecamatan Simboro, Kalukku, Tommo, dan Kecamatan Sampaga.

BACA JUGA: Temuan dan Rekomendasi Bawaslu Mamuju di 6 TPS, KPU Laksanakan PSU dan Langkah Preventif

Komisioner KPU Mamuju, Sudirman Samual, menjelaskan bahwa salah satu masalah yang memicu PSU adalah kehadiran pemilih yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTB), tetapi tetap mencoba memilih di TPS tersebut.

Pelaksanaan PSU, berdasarkan pantauan, berjalan dengan baik dan diharapkan berlangsung lancar.

Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi, yang turut memantau jalannya PSU di Kecamatan Simboro, mengungkapkan harapannya agar persoalan yang memicu PSU di beberapa TPS dapat dijadikan catatan bagi penyelenggara. Tujuannya adalah agar ke depan, kondisi serupa tidak terulang, terutama mengingat akan ada pemilihan kepala daerah pada akhir tahun ini.

“Kita berharap semua dapat berjalan lancar, dan ini menjadi catatan bagi penyelenggara agar ke depan tidak terulang lagi. Apalagi beberapa bulan ke depan kita akan melaksanakan pilkada, kesiapan penyelenggara harus dapat lebih siap lagi, sehingga semua dapat berjalan lancar,” ujar Sutinah kepada awak media saat memantau pelaksanaan PSU di TPS 8 dan 19 Kecamatan Simboro.

Berdasarkan informasi dari KPU Mamuju, beberapa TPS yang melakukan PSU mencakup pencoblosan empat hingga lima jenis surat suara sesuai rekomendasi Bawaslu Mamuju. Misalnya, di TPS 8 Simboro, PSU dilakukan untuk lima jenis surat suara, mencakup Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Sementara itu, TPS 4 Tommo dan TPS 2 Sinyonyoi Selatan akan melakukan PSU untuk tiga jenis surat suara, termasuk Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, dan DPD.

(hms/ed:Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here