banner 728x90

Yaumil di Jogakan Menuju Pilgub Sulbar

1989 views
banner 728x90

Katinting.com, Pasangkayu – Jelang perhelatan Pemilihan Gubernur Sulawesi Barat tahun 2017, sosok Yaumil RM politisi senior Mamuju Utara digadang-gadang, figur yang dinilai pas mewakili Matra,  dalam pertarungan tersebut.

Yaumil di Jogakan Menuju Pilgub Sulbar

Yaumil RM

Komentar tersebut, datang dari politisi Golkar Saifuddin Andi Baso. Menurutnya pertarungan Pilgub mendatang adalah ajang untuk memunculkan putra terbaik Matra dalam pentas politik Sulbar, dan putra terbaik Matra itu sambung dia layak disematkan pada sesepuh Matra, Yaumil RM.

Selain sebagai salah satu inisiator pembentukan Matra, secara pengalaman politik Yaumil juga dinilai telah mapan dan mumpuni, terbukti dengan mampu menjabat sebagai legislator Matra selama tiga periode berturut-turut. Ia juga merupakan salah satu orang yang telah membesarkan partai Golkar di Matra.

“Disini saya berbicara bukan atas nama partai ya, nah saya melihat pak Yaumil pantaslah maju di Pilgub Sulbar, apakah sebagai calon gubernur, ataupun calon wakil gubernur, dia inikan telah memiliki segudang pengalaman baik didunia birokrasi ataupun didunia politik. Diakan pernah menjabat sebagai ketua DPRD Matra dua periode berturut-turut,” ungkap ketua komisi II DPRD Matra ini, Selasa (09/02).

Selain itu, ia menyebut jaringan keluarga Yaumil RM tidak hanya di Matra tapi tersebar dibeberapa kabupaten di Sulbar, dan tidak hanya itu adanya hubungan persaudaran dengan Ketua DPD PDIP Sulbar Agus Ambo Djiwa, telah memberi nilai plus tersendiri bagi Yaumil.

Dukungan juga disampaikan oleh politisi Matra lainnya Uksin Djamaluddin, menurutnya sosok Yaumil RM adalah sosok yang sangat pas mewakili Matra untuk bertarung di Pilgub Sulbar, dengan berbekal segudang pengalaman politik yang dimilikinya. Sosoknya sebagai inisiator pembentukan Matra, juga telah menjadi penilaian tersendiri bagi masyarakat.

“Secara kepartaian saya tentu harus tetap menghormati kebijakan partai, namun ketika berbicara sebagai masyarakat Matra, pak Yaumil itu adalah sosok yang tidak diragukan lagi, dia punya jasa terhadap pembentukan kabupaten ini, dia sudah teruji pengalamanya secara politik. Secara geopolitik, posisi pak Yaumil sekarang sangat menguntungkan tinggal dia harus berpasangan dengan figur di selatan Sulbar,” terang Ketua Komisi I DPRD Matra ini.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Yaumil RM masih enggan berbicara banyak terkait Pilgub Sulbar, ia pun tidak memberi pernyataan secara gamblang apakah memiliki niat untuk ikut berkompetisi atau tidak.

“Nanti ya, jangan dulu berbicara Pilgub, yang jelas banyak pertimbangan kalaupun nantinya saya menentukan sikap kesana,” jawabnya singkat. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.