banner 728x90

Warga Alu Polman Akhirnya Bisa Menikmati Jembatan Ini

Warga padati peresmian jembatan Limbong Kaiyyang Kecamtan Alu, Kabupaten Polman. (Dok. Zulkifli)

Polman, Katinting.com – Masyarakat desa Pao-pao dan desa Alu, Kecamatan Alu, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), antusias menyambut hadirnya jembatan Limbong Kaiyyang yang menghubungkan dua Desa tersebut dengan penuh kegembiraan.

Dimana, dua desa tersebut puluhan tahun menunggu adanya niat baik pemerintah untuk membangunkan jembatan yang selama ini masyarakat menggunakan rakitan bambu untuk menyebrang.

Dibawah kepemimpinan Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar, impian masyarakat selama ini tercapai dengan dibangunkannya jembatan sepanjang 120 meter dengan luas enam meter tersebut untuk menghubungkan dua Desa tersebut.

Salah satu warga Desa Pao-pao Rahman mengatakan sangat bersyukur dengan adanya jembatan yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar.

“Tentu sangat bersyukur pak dengan adanya ini jembatan. Terimahkasih pak Gubenur atas bantuannya ke desa kami,” ujar Rahman.

Lanjutnya, berpuluh-puluhan tahun pihaknya menggunakan rakitan dari bambu untuk membawa hasil taninya menuju kota.

“Alhamdulillah kita sudah bisa cepat dan tidak susah payah lagi membawa hasil pertanian kita,” ungkap Rahman.

Sedangkan, salah satu warga desa Alu Halimah juga sangat menyambut bahagia dengan kehadiran jembatan yang selama ini ditunggu-tunggu.

“Kita tidak khawatir mi kalau anak-anak kita pergi sekolah pak karena tidak menyebrang mi sungai,” kata Halimah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umun (PU) Sulbar Muhammad Aksan mengatakan, pembangunan jembatan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum sebesar 19 miliar lebih.

Ia menjelaskan, jembatan yang membentang diatas sungai mandar tersebut memiliki spesifikasi yang sama dengan jembatan-jembatan jalan nasional dengan rangka baja dan lantai beton K300.

Menjawab masukan Gubernur yang mengusulkan agar ada semacam penyangga tiang jembatan agar tidak dihantam kayu atau material lainnya ketika sungai tersebut meluap.

“Ini betul-betul niat pemerintah untuk membangun jembatan ini, agar masyarakat dapat menikmati jembatan dan tidak lagi memakai rakit saat menyeberang. Tadi ada masukan dari pak Gubernur, kami akan kerjakan secara teknis,” ungkap Muhammad Aksan.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menuturkan jembatan sungai mandar ini termasuk bagian visi-misinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar bisa cepat mendapatkan akses kesehariaannya.

“Semoga ini bisa dijaga dengan baik jembatan yang kita sudah bangunkan. Tinggal jalannya kita bangun kedepan. Termasuk semoga perekenomian masyarakat bisa meningkat,” tutupnya.

(Zulkifli)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Warga Alu Polman Akhirnya Bisa Menikmati Jembatan Ini"