banner 728x90

Satpol PP Mamuju Agar Lebih Mandiri dan Bertanggung Jawab

1018 views
banner 728x90
H. Irwan Pababari saat memberikan sambutan

H. Irwan Pababari saat memberikan sambutan

Katinting.com, Mamuju – Wakil Bupati Mamuju H.Irwan Pababari membuka resmi Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembinaan Fisik, Mental Etika dan Disiplin Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mamuju di Aula Wisma Tomborang. Selasa (29/03).

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kesatuan Polisi Pamong Praja Sulawesi Selatan Dr. Ikbal Suaib SE.M.Si, yang  dijadwalkan berlangsung dari  tanggal 29-30 Maret  2016 dan diikuti 30 peserta.

Mengurai Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) adalah Perangkat Pemerintah Daerah dalam memelihara Keterampilan dan Ketertiban Umum, serta menegakkan Peraturan Daerah dan Keputusan Kepala Daerah. Selain keberadaan Satpol PP untuk ikut serta dalam menjaga keadaan tetap dinamis yang memungkinkan Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan tentram, tertib dan teratur, terang Irwan.

Oleh sebab itu lanjut Irwan, kegiatan pelatihan sangat perlu dilakukan untuk membekali para satuan Polisi Pamong Praja agar dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan, kualitas dan kuantitasnya lebih ditingkatkan sehingga dapat menjadi mandiri dan bertanggung jawab.

Irwan  menambahkan, dengan melihat beban dan tugas instansi yang berubah status dari Kantor ke Badan tersebut yakni dalam rangka penegakan Perda serta kebijakan Kepala Daerah, maka menurutnya perlu adanya dukungan. Selain itu ia berharap agar Satpol PP bisa lebih memahami Peraturan Pemerintah NO 32 Tahun 2004 Tentang Pedoman Satuan Polisi Pamong Praja. Agar kemudian diterapkan dalam pengambilan langkah atau kebijakan.

“Apa yang dilakukan pada kesempatan ini semoga menjadi pendorong sehingga benar-benar peran dan fungsi Pamong Praja dapat terlaksana dengan semangat pengabdian tinggi terhadap daerah, Bangsa dan Negara,” pungkas Irwan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mamuju H. Baharuddin SE. M.Si mengatakan selama delapan bulan sejak dirinya menjabat Kepala Badan Satpol PP, ia selalu menekankan kepada anggotanya agar dalam menjalankan tugas selalu menjaga tiga pilar, yakni pilar yang pertama menjaga nama baik Organisasi/Kesatuan, kemudian pilar yang ke dua untuk selalu meningkatkan keimanan, karena menurutnya Keimanan identik dengan Keamanan, selanjutnya pilar yang ketiga mengingatkan kepada pasukannya agar dalam bekerja dengan hati dan kehati-hatian. (SukrianiAkib)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.