banner 728x90

Vaksinasi Merdeka Upaya Bebas Dari Pandemi Covid-19

banner 728x90

Diwaktu yang berbeda, Kapolres Majene, AKBP Febryanto Siagian bersama Dandim 1401 Majene meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang dipusatkan di gedung Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Jumat (10/9/21). Ia memberikan semangat kepada seluruh mahasiswa maupun masyarakat yang akan divaksin.

Ia meminta seluruh pihak bersinergi saling mengajak untuk menerima vaksinasi demi mendukung percepatan penanganan Covid-19. “Jadi apabila sudah divaksin antibodinya sudah terbentuk, imunnya meningkat dan lebih tahan dari Covid-19,” ucapnya.

Pelaksanaan vaksinasi di Kampus Unsulbar pun disambut antusias mahasiswa, itu terlihat dari antrian untuk mau divaksin.

Vaksinasi di Kabupaten Mamuju

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, Kapolresta Mamuju, Kombes Pol Iskandar bersama Sejumlah Porkopimda Kabupaten Mamuju mengikuti virtual meeting yang di ikuti Presiden RI, Kemudian melakukan  pemantauan pelaksanaan vaksinasi serentak dipusatkan di lapangan Merdeka, jalan Ahmad Yani, yang berlangsung dua hari, 6-7 September 2021.

Kapolres Mamuju menuturkan, pelaksanaan vaksin merdeka ini melampaui target. Karena pada hari pertama sebanyak 1.560  dosis untuk hari kedua 1.436 Dosis dari target 2.000 dosis, ucapnya.

“Vaksinasi serentak ini dengan sasaran secara umum untuk masyarakat, dan ditempat rumah Ibadah. Makanya kita seosialisasikan ke masjid-masjid dan ke gereja-gereja, kemudian ke Pura juga termasuk kepada pelajar dan mahasiswa,” sebutnya.

Guna mencapai sasaran dengan baik, vaksinator yang dilibatkan dari Polri, TNI, Dinkes dan dari Poltekes Kabupaten Mamuju. Dimana sebisa mungkin masyarakat yang datang bisa terlayani dengan cepat.

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan Vaksin Merdeka hanya dua hari, tapi untuk Gerai Vaksin seperti Puskesmas maupun di Polresta Mamuju tetap dibuka. “Hanya untuk dua Hari ini kita maksimalkan untuk vaksin merdeka”.

Ia menghimbau, apa bila mendapatkan informasi terkait masalah vaksin yang sekiranya tidak benar atau meragukan mohon dikoordinasikan atau ditanyakan kepada pihak yang terkait yang bisa menjelaskan soal vaksin.

Vaksinasi di Kabupaten Pasangkayu

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dipusatkan di Baruga Panalungan Polres Pasangkayu. Rabu (8/9/2021), yang dilaksanakan oleh Seksi Kedokteran dan Kesehatan Polres Pasangkayu.

Kapolres Pasangkayu AKBP Didik Subiyakto SH., yang memantau langsung merasa beryukur. Sebab menurutnya, semakin hari kesadaran masyarakat di Kabupaten Pasangkayu semakin meningkat untuk mau divaksin. Itu terlihat setiap harinya volume kehadiran mengikuti vaksinasi rata-rata ratusan orang di Gerai Vaksinasi yang tersedia.

Dengan begitu ia berharap, tingginya kesadaran ini akan memberikan edukasi kepada warga lain agar antusias melaksanakan vaksinasi, baik di Polres maupun UPTD Puskesmas terdekat dimana Vaksinasi tersebut dilaksanakan setiap hari.

Secara khusus, pada tanggal 8 September 2021, Kapolres Pasangkayu juga memantau langsung program `Vaksinasi Go To School` yang bekerja sama dengan instansi terkait yang dilaksanakan di SMA 1 Bambalamotu.

Tidak hanya memantau untuk memberikan pengawasan, tapi juga melakukan sosialisasi terkait Prokes kepada dewan guru dan pelajar. “Kita ketahui sejumlah kebijakan telah dilakukan pemerintah ada yang namanya Lockdown, Mikro lockdown, PPKM, pembatasan-pembatasan yang dilakukan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada hingga program Vaksinasi guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,” ujarnya.

Masih kata Kapolres Pasangkayu, vaksinasi dilakukan untuk Kesehatan keluarga dan individu kita. Intinya saya berempati dan berkeinginan masyarakat Kabupaten Pasangkayu, termasuk ibu dan bapak guru menjadi teladan bagi siswanya agar bisa beraktivitas dan produktif, bisa bekerja seperti biasanya.

Vaksinasi di Kabupaten Mamuju Tengah

Di Bumi Lalla Tassisara, pelaksanaan vaksinasi merdeka berlangsung di Pesantren Al Ikhwan Dusun Lombabalua Desa Topoyo, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah. Kamis  (9/9/2021)

Kapolres Mamuju Tengah AKBP Muhammad Zakiy, SH, M.Si menyampaikan, pihaknya mendukung kegiatan vaksinasi di lingkungan pondok pesantren, karena sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19. Dimana dalam pelaksanaannya berjalan tertib, tidak ada terjadi kerumunan, karena kita setting sedemikian rupa dengan segala perangkat yang ada untuk tetap taat dan sesuai protokol kesehatan.

Ia menyampaikan pada vaksinasi merdeka ini dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Mamuju Tengah, mulai tokoh agama, pelajar dan mahasiswa.

*Dirangkum dari berbagi sumber dan Humas Polda Sulbar

(Anhar)

Bagikan
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Vaksinasi Merdeka Upaya Bebas Dari Pandemi Covid-19"