banner 728x90

Unasman Bakal Lakukan Inovasi Pengembangan Kopi dan Kakao

banner 728x90

FGD mengenai kopi dan kakao di Sulbar, di Auditorium Kh. Sahabuddin Unasman, Selasa (5/1).

Polman, Katinting.com – Universitas Al Asyariah Mandar( UNASMAN), bakal melakukan inovasi dengan mengembangkan produk kopi dan kakao di Sulbar.

Rektor Unasman, Chuduriah Sahabuddin menuturkan, inovasi dengan mengembangkan produk kopi dan kakao ini akan melibatkan Direktur PT Bumi Surya, Ketua APKAI, Dr Arman Amran, PT. Olam, PT. Tana Mas, Lsm Wasiat dan Kepala Desa Kurrak sebagai pelaku pengelolah Galery Kopi Kurraq. Sebagai bagian penting dalam memajukan produk kopi dan kakao.

Hal tersebut diungkapkan Rektor Unasman Chuduriah Sahabuddin saat melakukan launching dan pelantikan Pengurus Pusat Riset Kopi dan Kakao Universitas Al Asyariah Mandar pada kegiatan FGD mengenai kopi dan kakao di Sulbar, di Auditorium Kh. Sahabuddin Unasman, Selasa (5/1).

Dia menjelaskan, Sulbar sebagai salah satu daerah penghasil tertinggi Kopi dan Kakao sehingga, para dosen Unasman khususnya dosen Pertanian merasa peduli terhadap pengembangan dua komoditi perkebunan itu. Apalagi kopi dan kakao diketahui sebagai agroindustri penopang ekonomi di Sulbar.

Katanya, keterlibatan pelaku dan pengusa serta peneliti kopi dan kakao di Sulbar sebagai langkah keseriusan Unasman melihat potensi kopi dan kakao yang ada. Dimana kopi dan kakao sebagai agroindusti yang menjanjikan.

“Lembaga ini nantinya akan fokus untuk melakukan pengembangan, penelitian khususnya kopi dan kakao,” kata Chuduriah.

Selain itu, ia juga akan fokus pada riset mengenai permasalahan kopi dan kakao mulai muali dari pembibitan pengolahan sampai pada pengembangan untuk Pemasaran.

Sementara menurut salah satu pengusaha Kakao di Polman, Samsul Mahmud, mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh Unasman. Khususnya pada bidang riset.

“Saya kira kami sangat mendukung, kalaupun nanti kalau bu rektor bilang kerja sama dengan pengusaha lokal okey, Kami sangat siap! Karena ini untuk kesejahteraan masyarakat kita,” ungkap Samsul Mahmud.

Ia menjelaskan, ekonomi yang ada di Polman, kalau tidak ditopang Perkebunan dan Pertanian maka ekonomi tidak akan berjalan maksimal.

“Ini komunitas perkebunan kita, saya kira ini sangat luar biasa. Apalagi ditengah pandemi covid-19 kita biasa-biasa saja seperti tidak ada covid karena memang ekonomi kita ditopang oleh pertanian, perkebunan,” tutupnya.

(*/Zul)

Bagikan
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Unasman Bakal Lakukan Inovasi Pengembangan Kopi dan Kakao"