Tolak Gerai Alfamidi, Pemda Pasangkayu Diminta Lindungi Ekonomi Kecil

Surat permohonan pembukaan gerai Alfamidi di Pasangkayu. (Dok. Ist)

Pasangkayu, Katinting.com – Kehadiran gerai Alfamidi di kota Pasangkayu si tolak oleh Forum Demokrasi Indonesia (Fraksi).

Hal tersebut di sampaikan dewan kehormatan Fraksi Sultan Hasanuddin setelah melihat keseriusan Pemda menindaklanjuti surat dari Perusahaan Alfamidi, di sekretariat Fraksi, Selasa 14 Januari.

Ia mengatakan, hari ini tanggal 14 Januari (kemarin red) Pemda melaksanakan rapat bersama beberapa OPD terkait untuk menindaklanjuti surat Branch Manajer Alfamidi bernomor 039/MUI/PLU/XI-2019 tertanggal 18 November 2019 lalu.

“Kami bisa menilai rapat Pemda bersama OPD terkait yang dipimpin Asisten bidang ekonomi dan pembangunan H. Makmur adalah keseriusan Pemda untuk memberi ruang perusahaan Alfamidi beroperasi di Pasangkayu,” sebut Sultan.

Menurutnya, penolakan gerai Alfamidi di Pasangkayu di dasarkan pada kajian jangka panjang dan potensi ekonomi lokal, yang akan mematikan ekonomi rakyat kecil, disamping itu bisnis korporasi ini perputaran uangnya tidak akan di Kota Pasangkayu, tapi keuntungan bisnis akan dibawa Pemilik modal.

“Namun kita bisa pastikan jika ini pedagang lokal, uangnya akan berputar didaerah sendiri, yang tentunya akan membantu perekonomian lokal,” katanya.

Lanjut Sultan, sudah menjadi kewajiban semua pihak tak terkecuali Pemda, untuk melindungi kepentingan pedagang lokal yang ada saat ini. Pemerintah harus berpihak kepada ekonomi kerakyatan, berupa pembinaan dan pemberdayaan pelaku UKM yang notabene milik rakyat.

“Untuk hal ini, perlu saya ingatkan jika menolak Alfamidi, bukan berati menolak kemajuan, tapi menolak monopoli yang merupakan ciri khas perusahaan korporasi ritel nasional tersebut,” sebut Sultan.

Ia menambahkan, ada solusi untuk pedagang untuk bisa lebih maju dan meningkat, seperti bagaimana Pemda dalam membantu mereka untuk terus mengembangkan usaha-usaha kecilnya dengan fasilitas yang layak.

“Tapi kalau ini terjadi dengan diberikan ruang kepada gerai Alfamidi di Pasangkayu berarti Pemda memberikan ruang kepada kapitalitas untuk menikmati ekonomi diatas derita rakyat kecil,” tutup Sultan.

(ndi/Anhar)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tolak Gerai Alfamidi, Pemda Pasangkayu Diminta Lindungi Ekonomi Kecil"