banner 728x90

Terkait Gratifikasi, Satreskrim Polres Mamuju Utara Lakukan Sosialisasi

Satreskrim Polres Mamuju Utara saat sosialisasi internal terkait dratifikasi. (Dok. Hms)

Pasangkayu, Katinting.com – Satreskrim Polres Mamuju Utara melaksankan sosialisasi terkait gratifikasi berdasarkan surat edaran Kapolri bernomor SE/17/XII/2016 tentang petunjuk/arahan pelaksanaan pengendalian gratifikasi.

Sosialisasi ini berlangsung di ruang Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Mamuju Utara, Pasangkayu, Sulawesi Barat, Kamis, (28/11).



Kegiatan ini dipimpin Kasat Reskrim, AKP Rubertus Roedjito S.I.K sekaligus sebagai pembawa materi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kaur Bin Ops Satreskrim, Ipda Firman Sanusi, Kepala Seksi (Kasi) Propam, Ipda Pujiono dan pejabat semntara Kasiwas, Aipda Rusli, serta personil lainnya.

Dalam paparannya, AKP Rubertus menyampaikan, bahwa perlu membedakan antara suap dan gratifikasi secara defenitif.

“Dari segi definisi tersebut, dapat diketahui bahwa suap dapat berupa janji, sedangkan gratifikasi merupakan pemberian dalam arti luas, dan bukan janji,” paparnya.

Jika melihat ketentuan tersebut, lanjut AKP Rubertus, maka dalam suap terdapat unsur mengetahui atau patut diduga.

Sehingga ada intensi atau maksud untuk mempengaruhi pejabat publik dalam kebijakan maupun keputusannya.

Sedangkan untuk gratifikasi, diartikan sebagai pemberian dalam arti luas, namun dapat dianggap sebagai suap apabila berhubungan dengan jabatan yang berlawanan dengan tugas dan kewajiban.

Sementara itu, Ipda Pujiono mengakui bahwa persoalan gratifikasi di lingkup Polri saban hari mendapat perhatian publik, baik di dalam maupun di luar negeri.

Hal itu terjadi, seiring dengan meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Perlu diingat bahwa perbuatan gratifikasi di lingkup polri, berdampak pada penurunan citra polri dan kepercayaan masyarakat,” aku Ipda Pujiono.

Di akhir kegiatan, pejabat semntara Kasiwas, Aipda Rusli menekankan, khusus bagi para penyidik untuk menghindari gratifikasi dan pungli.

Selaku anggota Polri, harus menjadi contoh bagi masyarakat. Dan terus berbenah ke arah yang lebih maju.

Penulis : Rilis Humas Polres Mamuju Utara

Editor : Arham Bustaman

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Terkait Gratifikasi, Satreskrim Polres Mamuju Utara Lakukan Sosialisasi"