banner 900x90

Terima Kunjungan DPR RI, Kadis PU Mateng Ajukan Rencana Bendungan Salule’bo

banner 900x90

Ibnu Munzir (kiri) saat menerima usulan program dari Kadis PU Mateng (kanan). (Foto: Mustamin)

Mateng, Katinting.com – Anggota DPR RI yang daerah pemilihan Provinsi Sulawesi Barat, Ibnu Munzir melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Mamuju Tengah (tengah), Jumat (11/5).

Dalam kunjungannya, Ibnu Munzir melakukan pertemuan dengan Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mamuju Tengah, Ahyar Arifin. Dimana pada pertemuan yang berlangsung dikantor PU Mateng, Ahyar menyerahkan dokumen pembangunan bendungan Salule’bo dan memaparkan maksud dari pengusulan tersebut.

Ia mengatakan kalau bentungan ini bisa terealisasi maka ada tiga manfaat yang bisa dihasilkan yakni masalah listrik, irigasi dan air bersih.

Saat dihubungi kembali, Minggu (13/5), Ahyar Arifin menjelaskan, jumlah pengerjaan tersebut jumlahnya sangat besar, karena ditangani oleh Satker Kementarian, yaitu balai wilayah III sungai Palu yang ada di Sulawesi Tengah. “Program tersebut telah masuk program nasional presiden Joko Widodo,” pungkasnya.

Kalau hitung-hitungan belum cuman desainnya sudah ada, karena dia mampu mengangkat pembangkit listrik hingga 10 megawatt, kata Ahyar.

Lanjut Ahyar menjelaskan, kalau airnya dimanfaatkan bisa untuk irigasi, bisa menjadi area irigasi yang mencapai 4.000 hektar dan masih bisa dikembangkan lagi, sehingga bisa membuat percetakan sawah lagi dan membendung perluasan lahan sawit, ucapnya.

Sedangkan untuk air bersih, sambung Ahyar bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dalam kota Mamuju Tengah, kapasitas mencapai 100 liter perdetik.

(Mustamin)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.