banner 728x90

Tak Lagi Diberi Kesempatan, Gugatan AMAR di Tolak MK

1221 views
banner 728x90

 

Ilustasi-net

Ilustasi-net

Katinting.com, Matra – Kepada katinting.com, Nero L.A. selaku Public Relations Handal, Siang kemarin, menyampaikan tentang pelaksanakan sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan agenda mendengarkan keterangan pihak termohon (KPUD Mamuju Utara) dan keterangan pihak terkait Pasangan H. Agus Ambo Djiwa dan Muhammad Saal (Handal).

Ia menyampaikan, hasilnya menekankan pada 5 hal,  pertama, kewenangan konstitusi tidak dipenuhi oleh pihak pemohon pasangan Abdullah Rasyid dan Marigun Rasyid (AMAR) kerena MK tidak berhak mengadili perkara yang diajukan oleh Tim Hukum Pemohon (AMAR).

Kedua, legal standing (kedudukan hukum) juga tidak dipenuhi berupa dasar hukum melakukan gugatan karena tidak sesuai dengan pasal 158 ayat 2 UU Nomor 8/2015 dan PMK Nomor 1-8/2015.

Ketiga, tenggang waktu 3×24 jam, gugatan pemohon tidak dipenuhi dan dinyatakan Kadaluarsa, KPUD sudah menetapkan Pemenang Pilkada.

Keempat berdasarkan rumusan perhitungan MK selisih suara antara pemohon (AMAR) dan terkait (HANDAL) adalah selisih 30 persen.

Kelima, objek sengketa pemohon (AMAR) yang tidak pada domain kewenangan Mahkamah, sehingga baik pihak termohon (KPUD) maupun pihak terkait (HANDAL) dihadapan majelis MK menyatakan menolak permohonan pemohon (AMAR) untuk seluruhnya dan menyatakan benar serta tetap berlaku keputusan KPUD Mamuju Utara No. 087 tahun 2015.

Maka dengan ini Majelis tidak lagi memberikan kesempatan kepada Pemohon (AMAR) untuk memberikan sanggahan ataupun jawaban. (Anhar)

 

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.