banner 728x90

Suharnati : Sulbar Siap Menghadapi MEA 

834 views
banner 728x90

 

H.Suharnati  pada saat memperlihatkan  krupuk pisang (sampel) hasil binaan  industri rumah tangga

H. Suharnati pada saat memperlihatkan krupuk pisang (sampel) hasil binaan industri rumah tangga

Katinting.com, Mamuju – Menurut Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM, Sulawesi Barat siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), hal itu dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga atau lebih tepatnya  memenuhi ekonomi kerakyatan dalam mendukung ekonomi negara kita.

Suharnati, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM, juga mengatakan bukti masyarakat Sulbar siap menghadapi MEA 2106 yaitu adanya hasil karya masyarakat dalam hal ini industri  rumah tangga  seperti krupuk yang terbuat dari pisang yang di bungkus plastik, ungkapnya sambil memperlihatkan krupuk pisang olahan masyarakat.

“Ini hasil dari masyarakat binaan kami, tinggal bagaimana hasil ini dapat ditampilkan semenarik mungkin agar dapat diperjualkan belikan dipasaran, dan tentunya itu menjadi tugas kami untuk membimbing secara tehnis,” pungkasnya.

Lanjut Suharnati, dengan adanya bimbingan tehnis yang kami lakukan maka hasil ini diharapkan dapat memperlihatkan daya saing, yang bisa bersaing dengan masyakat ekonomi asean.

Suharnati melanjutkan, kami mempunyai  program Jaripat yang dimana dinas perindustrian , perdagangan, koperasi dan UKM  telah melati kurang lebih 1.000 melalui program Pud Zoniped, yaitu Program Unggulan Daerah melalui Zona Industri Pangan Pedesaan, jelasnya.

“Inshallah tahun-tahun berikutnya dapat membuat binaan yang lebih intensif kelapangan, karena sampai kepelosok desa kita mempunyai komunitas. Hanya saja yang menjadi kendala ialah infrastruktur  yang mungkin, ada desa yang tidak tersedia,” tutup Suharnati. (R/Anhar)

 

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.