banner 728x90

SPBU Rangas Melewati Batas Toleransi, Kadis Perdagangan Mamuju Bakal Beri Peringatan

banner 728x90

Kepala Dinas Dinas Perdagangan kabupaten Mamuju, Hj. St. Sutinah Suhardi. (Ist.)

Mamuju, Katinting.com – Pada Jumat kemarin (15/3) petugas Unit Metrologi Dinas perdagangan Kabupaten Mamuju, melakukan uji tera ulang di stasiun pengisinan bahan bakar umum (SPBU) H. Asnuddin Sokong, 74-915-07.

BACA JUGA : Uji Tera di SPBU Rangas Ditemukan Tidak Seharusnya

Pada saat melakukan uji tera ulang, petugas metrologi menemukan adanya ketidaksesuaian dari prosedur yang berlaku yang dilakuakan oleh pihak SPBU.

Dimana, dari pemeriksaaan petugas Metrologi Dinas Perdagangan mendapati dua mesin pompa Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar dan Pertalite melebihi batas toleransi.

Batas maksimum yang diizinkan adalah 5 permil, artinya dalam 20 liter yang diuji, harus toleransinya 100 mililiter plus minus.

“Dari hasil tes, kami dapatkan bahwa di bagian pulo solar dia itu didapatkan rata-rata dari pengujian -181 mililiter. Artinya melebihi dari toleransi yang diberikan. Artinya plus minus 100 mililiter per 20 liter. Untuk Pertalite itu -178 mililiter,” kata Harmono, petugas Metrologi Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju saat ditemui usai melakukan uji tera di SPBU milik H. Asnudin Sokong, Jumat lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Dinas Perdagangan kabupaten Mamuju, Hj. St. Sutinah Suhardi, mengatakan akan berkirim surat ke pihak SPBU sebagai peringatan pertama.

“Jadi surat peringatan ini kita tembusi ke pihak pertamina (Wilayah VII, Pare-pare) juga. Mungkin minggu ini kita akan surati,” kata Kepala Dinas Dinas Perdagangan kabupaten Mamuju, saat dihubungi Katinting.com, Senin (18/3) sore.

Sutinah menegaskan, ketika nantinya petugas dari Dinas Perdagangan masih menemukan temuan di SPBU tersebut, maka pihaknya akan bersurat ke pihak Pertamina, merekomendasikan menutup ijin usaha.

“Kita akan bersurat ke Pertamina, karena yang berhak menutup ijin usaha adalah pertamina. Apalagi takaran yang kita temukan tidak sesuai (batas toleransi),” tegasnya.

“Kita akan terus awasi SPBU ini. Kalau memang kita temukan lagi kita akan tindaki,” sambungnya.

Sutinah menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan kesemua SPBU yang ada di Kabupaten Mamuju ini.

“Pastinya kita akan melakukan hal yang sama. Hanya kemarin itu kita pengawasannya baru sekitar kota Mamuju. kalau untuk semua kabupaten Mamuju kita masih cari waktu. Nanti di infokan,” tutupnya. [Anhar/Zulkifli]

Unit Metrologi Dinas perdagangan Kabupaten Mamuju saat uji tera di SPBU Rangas milik H. Asnudin Sokong. (Foto Anhar)

(ADV. Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan Balasan