banner 900x90

Soal Penertiban APK Caleg, Bawaslu Tegaskan Tak Ada Diskriminasi

banner 900x90

Bawaslu Mamuju bersama dengan Satpol PP, tertibkan APK yang dianggap melanggar.

Mamuju, Katinting.com – Bawaslu Kabupaten Mamuju bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja kembali menertibkan sejumlah Alat Peraga Kampenye (APK) milik para caleg.

APK ini copot bawaslu lantaran melanggar aturan karena dipasang pada zona yang melanggar aturan pemilu 2019, seperti berdiri diatas fasilitas umum, di pasang di pohon, masih mencantumkan nomor partai serta masuk dalam zona pelarangan memasang atribut partai.

Sejumlah kalangan pun merasa dirugikan karena pembongkaran ini, dan berharap agar Bawaslu dapat bersikap adil tanpa diskriminasi.

Baca Juga : Balihonya Ditertibkan Bawaslu, Caleg DPRD Sulbar ini Merasa Dirugikan

Menaggapi hal tersebut, Koordiv Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Mamuju, Faisal jumalang menegaskan bahwa pihaknya tidak akan diskriminasi dalam menertibkan APK tersebut.

“Kami bertindak sesuai dengan aturan yang ada, dan kami pastikan bawaslu Mamuju tidak akan pilih kasih,” ungkap Faisal Jumalang, Rabu (27/2).

Pihaknya menjelaskan bahwa, penertiban ini dilakukan atas dasar Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, PKPU No. 3 tentang Perubahan kedua atas peraturan No 23 tahun 2018.

“Jika ada yang kami bongkar, itu pasti melanggar aturan. Dan kalau ada yang tidak dibongkar, yah berarti tidak melanggar aturan. Ini semuakan karena perintah aturan,” tegas Faisal.

Harapan kami bagi para caleg, sebelum melakukan kampanye termasuk alat peraga kampanye agar berkonsultasi terlebih dahulu ke Bawaslu untuk menghindari potensi pelanggaran.

“Bawaslu itukan ada mulai dari tingkat atas hingga ketingkat Desa, sebaiknya para caleg ini berkonsultasi dulu sebelum berkampanye termasuk membuat APK, agar tak ada pelanggaran,” demikian harap Faisal.

(Zul/ra)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan Balasan