banner 728x90

Soal Pencetakan Surat Suara Pemilu ini Kata KPU Sulbar

Ketua KPU Sulbar, Rustang (tengah) didampingi Adi Arwan Alimin (kiri) dan Usman Said Umar (kanan). (Foto Anhar)

Mamuju, Katinting.com – KPU Provinsi Sulawesi Barat memastikan pencetakan surat suara pada Pemilu 17 April mendatang, akan dicetak pada minggu kedua bulan Maret di Makassar.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Sulbar, Rustang pada saat dialog terkait isu-isu pemilu 2019 bersama sejumlan insan pers di Mamuju disalah satu cafe Jl. Ratulangi, Mamuju, Minggu (24/2) malam.

Dalam dialog tersebut Rustang meminta kepada semua KPU Kabupaten ketika akhir pencetakan surat suara oleh pihak ketiga, untuk berkoordinasi dengan Bawaslu guna memastikan surat suara yang cetak tersebut sesuai dengan jumlah yang ada di daerah pemilihan (Dapil) nya, serta ketepatan waktunya.

“Bulan Maret , minggu kedua informasi terakhir, pencetakan surat suara. Dan salah satu upaya kami untuk memastikan jumlah tepat sasaran dan tepat waktu, karana ini salah satu prinsip kita dalam distribusi logistik,” ujar ketua KPU.

Wilayah Sulbar memiliki katakter yang cukup menantang dalam hal distribusi logistik. Itu dikarenakan dari geografis dan letak wilayah. Salah satunya seperti di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), yang salah satu Desanya harus menempuh jarak kurang lebih 13 jam dari kota untuk sampai ke Desa tersebut.

Ditambah lagi ketika surat suara sudah sampai di masing-masing KPU Kabupaten, akan disortir kembali, guna mengecek surat suara, jangan sampai ada yang rusak atau ada surat suara yang tertukar. Dan tentunya ini juga akan memakan waktu yang cukup lama.

Olehnya itu dirinya juga meminta kepada pihak ketiga yang menyediakan sarana transportasi, untuk menyediakan kendaraan yang betul-betul bagus, agar pendistribusian bisa sampai tepat waktu.

“Jangan sampai seperti yang terjadi di salah satu provinsi di Pulau Jawa, itu sampai tiga kali meletus ban (mobil) nya dan sempat dikeluhkan oleh pengamanan karena ini memperlambat, menjadi tidak tepat waktu,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan, pada Rapat Koordinasi (Rakor) KPU se-Indonesia Timur di Makassar yang di ikuti 11 Provinsi beberapa waktu lalu, Rustang menyampaikan KPU Sulbar berada di urutan pertama dalam hal sosialiasi pemilu.

“Sulbar dari segi sosislalisasi alhamdulillah menempati urutan pertama dari 11 provinsi yang sampai 90 persen. data itu dari data akhir Desember. Masuk Januari sampai Februari, kita targetkan sampai 100 persen,” tutup Rustang.

(Zulkifli)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan Balasan