banner 900x90

Sinkronisasi Program Digelar Pra Musrenbang di Polman

64 views
banner 900x90

Ali Baal Masdar di dampingi Ismail Zainuddin saat membuka acara pra Musrenbang di Polman. (Hms Pemprov Sulbar)

Polman, Katinting.com – Dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2019, Pemprov Sulbar menggelar pra Musrenbang Sulawesi Barat tahun 2018 di Gedung Gadis, Polewali Mandar, Kamis (5/4).

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyampaikan, pra-Musrenbang merupakan wadah bagi pemerintah provinsi maupun kabupaten untuk melakukan sinkronisasi dan harmonisasi untuk mencapai target pembangunan yang dilakukan melalui penyelarasan program dan kegiatan di seluruh bidang pembangunan.

“Sangat diharapkan agar pelaksanaan pra-Musrenbang ini berjalan baik dan optimal terutama dalam upaya sinergitas pembangunan antara Pemprov dan Pemkab di Sulbar. Arah kebijakan pemerintah pusat melalui rencana kerja pemerintah untuk tahun 2019 telah menentukan prioritas nasional dan program prioritas yang difokuskan pada optimalisasi pemanfaatan seluruh sumber daya, baik pemerintah, swasta dan perbankan untuk mengejar pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional. Program prioritas tersebut terkait dengan pembangunan manusia, kesenjangan antar wilayah, peningkatan nilai tambah ekonomi, ketahanan pangan dan energi, serta stabilitas keamanan dan kesuksesan pemilu,” tuturnya.

Ali Baal juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Polman sebagai tuan rumah yang menfasilitasi pelaksanaan kegiatan, dan kepada kabupaten-kabupaten yang telah hadir mengikuti kegiatan yang merupakan rangkaian sinkronisasi perencanaan antara provinsi dan kabupaten tersebut.

“Penyelenggaraan kordinasi teknis pembangunan daerah pada hari ini merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah provinsi Sulawesi Barat tahun 2019, saya harap upaya kita dalam membangun kebersamaan ini dapat menciptakan sinergitas pembangunan terutama dalam mensejahterahkan masyarakat Sulawesi Barat,” katanya.

Masih kata Ali Baal, penyusunan RKPD Provinsi Sulawesi Barat juga berpedoman pada RPJMD Provinsi Sulawesi Barat tahun 2017-2022 melalui perda nomor 8 tahun 2017. Sedangkan arah kebijakan tahun 2019 dengan lima prioritas provinsi telah disusun oleh Pemprov Sulbar Provinsi Sulbar melalui tema membangun infrastruktur dan iklim investasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, yaitu perbaikan kualitas SDM dan kebudayaan, perbaikan infrastruktur dan konektivitas, peningkatan ekonomi dalam upaya penanggulangan kemiskinan, penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan pengelolaan lingkungan hidup.

“RPJMD akan menjadi dasar dalam proses perencanaan pembangunan dalam mencapai visi Sulawesi Barat maju dan malaqbi. Hari ini saya juga menekankan beberapa hal, seperti arah kebijakan dan prioritas pembangunan provinsi Sulbar tahun 2019 harus sejalan dengan arah kebijakan pemerintah kabupaten, pemangku kepentingan perlu memperhatikan dan memahami regulasi dan kewenangan yang mengikat, perlunya komunikasi aktif antar pemangku kepentingan dalam memahami substansi dari penyelenggaran pra-Musrenbang ini, menindaklanjuti segala hasil pra-Musrenbang sesuai kewenangan, dan melakukan upaya strategis lainnya dalam mewujudkan sinergitas perencanaan pembangunan provinsi dan kabupaten untuk percepatan target pembangunan di Sulbar,” pungkasnya.

Plt. Bupati Polman, Amujib juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulbar yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemkab Polman sebagai tuan rumah pada kegiatan tersebut.

“Semoga mampu memberikan proses yang efektif, akuntabel, dan efisien sehingga dapat menciptakan dokumen pembangunan daerah menuju Sulbar yang maju dan malaqbi,” tuturnya.

Amujib melanjutkan, ada beberapa sektor penunjang kegiatan perekonomian terbesar di Sulbar, seperti sektor pariwisata dan pertanian. Untuk itu perlu mendapat perhatian dari pemerintah provinsi Sulbar guna meningkatkan taraf hidup masyarakat Sulbar.

Ada enam prioritas pembangunan dalam RKPD kabupaten Polewali Mandan tahun 2019, yaitu percepatan pengurangan kemiskinan, peningkatan kualitas SDM, peningkatan nilai tambah ekonomi berbasis inovasi teknologi, peningkatan aksebilitas melalui pengembangan infrastruktur, pemanfaatan ketahanan pangan dan sumber daya air, serta pengembangan tata kelola pemerintahan.

Ia juga terberharap forum tersebut mampu dimanfaatkan maksimal sebagai ruang diskusi yang strategis dan mampu mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas sebagai tahap awal dari kemandirian Sulbar.

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin, Wakil Ketua DPRD Sulbar, Thamrin Endeng, Sekda Polman, Andi Ismail, para perwakilan bupati se-Sulbar, kepala OPD Sulbar, unsur forkopimda kab Polman, perwakilan kementrian desa pdt dan transmigrasi, para pimpinan OPD Sulbar dan Kabupaten Poman, para anggota DPRD kabupaten Polman, pimpinan instansi vertikal se kabupaten Polman, direktur BUMN dan BUMD, serta delegasi enam kabupaten se-Sulbar.

(ADV/Humas/Fadilah)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.