banner 900x90

Sikammung, Saling Menguatkan dan Spirit Membangun Sulbar

banner 900x90
Sikammung, Saling Menguatkan dan Spirit Membangun Sulbar

Doa bersama pembukaan acara Sikammung. (Kanan ke Kiri) Irvan Basri (Baju Merah), Suraedah dan Muhammad Daud Yahya

 

Katinting.com, Mamuju – Karnaval budaya dan sanggar seni dari enam Kabupaten di Sulawesi Barat melakukan pawai dari Rumah Adat Mamuju menuju pusat acara Anjungan Pantai Manakarra, menjadi penanda dimulainya event tradisional Sikammung dan Legenda Gerhana Matahari, Selasa (08/03).

Dalam sambutannya Irvan Basri, selaku inisiator event tersebut mengatakan bahwa filosofi Sikammung ini hampir sama dengan Mammesa, menurutnya kedua istilah kedaerahan tersebut memiliki makna yang sama.

“Kita ingin mendorong tidak ada lagi logika sedikit banyak, minoritas mayoritas, tidak ada lagi gunung dan pantai, melalui Sikammung tidak ada lagi diskriminasi, kita ingin setara dan sejajar saling menguatkan bukan saling melemahkan,” terang Irvan Basri.

Irvan Basri  juga berharap tidak ada dikotomi sipil militer, tidak ada dikotomi pemerintah masyarakat,  sehingga terjalin hubungan yang baik, support, semangat dan saling menguatkan satu sama lain untuk  membangun Sulbar kedepan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju, Drs. Muhammad Daud Yahya, yang membuka acara event Sikammung menuturkan, event seperti ini bisa dijadikan sebagai langkah awal dalam merancang kegiatan seni dan budaya. Pasalnya, sepengatahuan Daud Yahya di Sulawesi Barat selama 11 tahun terbentuk belum ada event seni dan budaya permanen yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

“Kalau ada sinkronisasi antara Pemerintah Kabupaten dan Provinsi  maka ini akan kuat. Mudah-mudahan event yang ada sekarang ini bisa menjadi suatu motivasi untuk bisa dikemas nanti antara Kabupaten dan Provinsi agar kegiatan seperti ini menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya,” terang Daud Yahya. (Hasran/Anhar Toribaras)

 

banner 900x90
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.