banner 728x90

Selamat HUT Sulbar, Pendidikan Kapan Majunya?

Tidak ada komentar 377 views
banner 728x90

Muh. Irfan. (Ist.)

Oleh : Muh Irfan

Jalur pendidikan kita pada era moden, tidak bisa lepas dari perkembangan sejarah kita sebelumnya karena sejarah dan manusia seperti sebuah gerak dialektis dan dinamis.

Bagaimana mungkin kita mengenal sebuah bangsa tanpa mengenali sejarahnya terlebih dahulu, terutama dalam sistem pendidikan, pendidikan memang tidak bisa lepas dari kebijakan kolonial hindia belanda salah satunya politik etis 1901 yang terdiri dari transmigrasi, irigasi dan edukasi.

Kita melihat sejarah jepang ketika mengalami keruntuhan dan hancur leburnya di saat di bomnya Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika di akhir perang dunia ke 2 pada tahun 1945, yang menarik menjadi pelajaran dari peristiwa ini adalah Jepang melakukan politik isolasi dan menghapus sistem feodal, awal kebangkitanya adalah dari aspek pendidikan dengan melakukan revolusi pendidikan.

Peristiwa jepang seharusnya menjadi pelajaran bagi suatu Negara bahwa inti kemajuan suatu negara adalah pendidikan dengan melihat keunggulan koomperatif.

Indonesia sendiri seharusnya mampu menjadikan peristiwa tersebut pada masa wabah virus corona ini sebagai pisau analisis pentingnya pendidikan dalam masyarakat bagi kemajuan Negara.

Sulbar yang notabene sangat tertinggal tingkat pendidikan di masyarakat perlu dan harus memerhatikan dan mengambil kesimpulan bahwa Sulbar yang malaqbi tongkatnya adalah pendidikan.

Terlihat dari jumlah anak tidak sekolah sebesar 36.589, ini menandakan di hari jadi Sulbar yang ke-16 pendidikan di sulbar sangat menurun.

Bagikan
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Selamat HUT Sulbar, Pendidikan Kapan Majunya?"