banner 728x90

Sekprov Sulbar: Sudah Saatnya Kita Memoderenisasi Baznas

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris membwakan sambutan usai menyerahkan secara simbolis paket bahagia Idul Fitri 1440 H, di Kantor Baznas Sulbar. (Foto Humas Pemprov Sulbar).

Mamuju, Katintitng.com – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Barat (Sulbar), Muhammad Idris menyerahkan secara simbolis paket bahagia Idul Fitri 1440 H, sebanyak 1.250 bingkisan bagi masyarakat Mamuju dan perangkat daerah Provinsi Sulbar yang berlangsung di Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulbar, Senin, (27/5).

Sekprov Sulbar menyampaikan, terdapat empat poin perubahan bagi pihak Baznas Sulbar kearah yang lebih maju yaitu, kiranya pihak Baznas dapat lebih memoderenisasi pengumpulan zakat dan mampu mengetahui berapa jumlah penduduk di Sulbar yang wajib membayar zakat.

Salah satu contoh bagi Pemprov Sulbar kepada para pimpinan serta staf agar terus diingatkan melalui monitoring ilmu teknologi (IT), disusul memanajemen pendistribusian tidak lagi menggunakan pola lama, dimana, pendayagunaan zakat dapat disalahgunakan. Selanjutnya, memberikan potensi permodalan bagi warga negara , serta pihak baznas hendaknya segera memperbaiki organisasi kearah yang lebih baik.

“Apa yang telah dilakukan oleh pihak Baznas patut diberi apresiasi sehingga diharapkan ditahun depan  penyantunan bisa lebih banyak dari sebelumnya. Pembagian paket ditahun 2019 sebanyak 1.250 dan diharapkan kedepan grafik penyantunan dapat lebih meningkat hingga 100 persen atau sebanyak 2.000 hingga 3.000 paket,” Kata Sekprov Sulbar.

“Maka dari itu pihak Baznas dituntut bekerja lebih maksimal agar potensi-potensi zakat warga negara yang berkewajiban segera dapat didata dan ditampung. Sudah saatnya kita memoderenisasi Baznas,  mengumpulkan zakat dengan cara non tunai atau menggunakan sistem transfer zakat lewat rekening-rekening yang ada, sehingga lebih memudahkan kita untuk bertransaksi,” jelas Muhammad Idris.

Ketua Baznas Sulbar, Aminullah Ma’mun melaporkan, adapun nilai beras sejumlah 10 kilogram setara dengan 100 ribu rupiah dari jumlah keseluruhan kebutuhan beras sebanyak 1.200 kilogram  atau setara dengan 125 juta rupiah yang diperuntukkan  bagi pembagian zakat serta pemberian paket buka puasa kepada 150 jiwa bagi para kaum miskin dan duafa berupa pemberian nasi kotak dan sejumlah uang.

Ia juga mengatakan, Baznas  juga melakukan pembagian takjil sebanyak 500 kotak yang berfokus pada kunjungan ke Rumah sakit umum daerah, masyarakat pinggiran dan berbagi buka puasa di anjungan pantai Manakarra, Mamuju.

“Kita memperlihatkan kepada masyarakat bahwa memang ada kepedulian dari Baznas Sulbar,” tandasnya.

Sumber : Humas Pemprov Sulbar

Edit : Zulkifli

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan Balasan