banner 728x90

Sambut Raja-raja di Mamuju, Persiapan Baru 50 Persen

Poster Festival Maradika Mamuju 2019.

Mamuju, Katinting.com – Persiapan menuju Festival Maradika Mamuju yang diagendakan pada pertengahan bulan Desember 2019 ini sudah semakin matang.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Mamuju selaku Ketua Panitia, Irwan SP Pababari saat menghadiri salah satu acara, di Mamuju, Senin (11/11).

“Sekarang ini semua sudah siap. Mulai devisi promosi, kemudian ada beberapa item kegiatan yang sangat mejadi poin penting dan pasar budaya itu sudah fix. Tinggal undangan dan beberapa booth- booth kita sudah siapkan dan tempatnya ada di Anjungan (Pantai Manakarra),” katanya.

Irwan menuturkan, pihaknya juga akan melakukan kunjungan ke Pulau Karampuang bertemu dengan pemerintah Desa guna mematangkan fasilitas-fasilitas yang ada disana. Itu dikarenakan salah satu icon wisata Kabupaten Mamuju tersebut juga menjadi tempat kegiatan.

“Karena kita akan datangkan kurang lebih 100 para raja se-nusantara dan para kepala daerah. Yang ini mau tidak mau failitasnya harus standar,” ungkapnya.

Selain itu, terkait dengan kesiapan ritual adat Kerajaan Mamuju berupa mansosor manurung atau prosesi pencucian benda pusaka Manurung dan sitammu uju atau forum musyawarah adat, telah memasuki tahap 50  persen kesiapannya.

Mansossor manurung di rumah adat juga kita sudah persiapkan semuanya dan alhamdulillah kita sudah rampung mungkin dikisaran 50 persen,” akunya.

Ditanya soal kahadiran para raja yang akan memastikan ikut memeriahkan kegiatan ini, dia mengatakan sudah ada beberapa daerah yang mengkonfirmasi kehadirannya.

“Selayar sudah masuk 14 (kerjaan), Gowa, Bali, kemudian 14 kerjaan yang adi di Sulbar, Pitu Ulunna Salu dan Pitu Baqbana Binanga Insya Allah hadir. Kemudian, Bulongan Kalimantan Insya Allah sudah siap. (Kerajaan) Jogja belum (ada konfirmasi),” tutupnya.

(Zulkifli)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sambut Raja-raja di Mamuju, Persiapan Baru 50 Persen"