banner 728x90

Replanting Sawit, Pemprov Sulbar Harap Tahun Ini Realiasi

Perkebunan kelapa sawit (Foto Ist)

Mamuju, Katinting.com – Pemerintah Daerah Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan pada tahun ini berharap tahun 2019 program peremajaan kebun kelapa sawit rakyat (replanting) bisa dikerjakan.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Sulawesi Barat (Sulbar) Ir. H. Abd. Waris Bestari, ditemui usai rapat penetapan TBS di aula Dinas Pertanian Provinsi Sulbar, Jumat (8/3), mengatakan, targat pengerjaan replanting sawit untuk tahap pertama sebanyak 5900 hektar.

“Data yang sekarang ini sudah 5000-an hektar masuk. Mudah-mudahan bisa tahun ini tadi saya sudah bicara dengan Kadis Mamuju utara mudah-mudahan tandatangan MoU antara petani, perbankan dengan BPDKS tahun ini bisa terlaksana,” ujar waris.

Dirinya menyampaikan, kelapa sawit yang masuk dalam program replanting, nantinya akan mendapatkan sumbangan dana 25 juta perhektarnya.

Waris berharap, kedepannya ada perwakilan dari pemerintah pusat untuk datang menjelaskan ke petani terkait mekanismenya tersebut. Sebab masih ada petani yang masih merasa ragu menerima bantuan tersebut.

“Mudah-mudahan kedepan bisa lebih jelas lagi. Apalagi kalau sudah melakuakn sosialisasi,” harapnya.

Dirinya menuturkan, data yang masuk untuk di replanting saat ini, Di Matra sudah sekitar 3000-an hektar, dan di Mateng sekitar 2000 hektar.

“Kalau  bisa rampung semua daftar petani tahun ini. Kita tinggal menuggu sosialisasi. tapi kami yakin tahun ini bisa terlaksana,” tutup Waris.

(Zulkifli)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Replanting Sawit, Pemprov Sulbar Harap Tahun Ini Realiasi"