banner 728x90

Relawan Mamuju Mengajar Gelar Orientasi Lapangan Di Mollo

banner 728x90

 

Relawan Mamuju Mengajar bersama siswa-siswi SD Mollo. (Foto Istimewa)

Mamuju, Katinting.com – Relawan Mamuju Mengajar #ayokemollo menggelar orientasi lapangan di Dusun Mollo, Desa Pati’di, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (9/3).

Orientasi lapangan yang dilakukan oleh Mengajar ini, bertempat dihalaman Sekolah Dasar (SD) Mollo dengan menghadirkan masyarakat dan para siswa SD Mollo.

Diawal kegiatan, para relawan Mamuju Mengajar yang berjumlah sekitar 24 orang ini, masing-masing memperkenalkan diri dan profesi nya masing-masing kepada masyarakat dan siswa SD Mollo.

Selanjutnya, Minggu (10/3), relawan Mamuju Mengajar akan melakukan beberapa agenda bersama dengan para siswa diantaranya, senam, kerja bakti, belajar dikelas, dan belajar di alam.

Relawan Mamuju Mengajar akan melakukan pendampingan di SD Mollo selama satu tahun (sampai Maret 2020). Sebanyak 53 relawan nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok.

“Kita bergilir tiap dua minggu sekali atau sebulan sekali untuk mengajar anak-anak disini,” ujar ketua koordinator Mamuju Mengajar Muhammad Saleh.

Untuk diketahui, SD Mollo hanya memiliki empat guru dan hanya satu yang berstatus PNS (Kepala Sekolah).

Selain kurangnya tenaga pendidik, akses jalan menuju Dusun Mollo hanya bisa dilalui kendaraan roda dua ditambah lagi alas jembatan gantung yang menjadi penghubung dari Desa Pati’di mulai rapuh, dan Mollo juga bisa dikategorikan kedalam daerah yang terpencil.

Itulah mengapa SD Mollo menjadi pilihan dari koordinator Mamuju Mengajar untuk melakukan pendampingan selama tahun lamanya.

“Mollo ini masih banyak yang belum tahu, tadi saja relawan dari Mamuju juga tidak tahu dimana itu Mollo. Jadi kami kesini tidak digaji. Tapi kesini semata-mata hanya untuk bagaimana kita berbagi ilmu dan mengabdi kepada bangsa dan negara,” kata Saleh.

Relawan Mamuju mengajar bersama dengan siswa SDi Mollo belajar di alam. (Foto Zulkifli)

Sehingga dengan kehadiran relawan Mamuju Mengajar ini Mollo ini bisa mengangkat mutu pendidikan di Desa Mollo agar lebih baik lagi.

“Jadi kehadiran kita disini bukan semata-mata untuk mengajari anak-anak disini tetapi kita akan belajar bersama-sama bagaimana supaya kedepan ada sesuatu yang bisa kita hasilkan yang lebih baik,” harapnya.

Selain itu dirinya juga berharap kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan relawan Mamuju Mengajar selama melakukan pendampingan di SD Mollo.

“Jadi malam ini adalah moment bagaimana kita memiliki pandangan yang sama bahwa pendidikan itu sangat penting untuk anak-anak kita,” sebutnya.

Kepala Sekolah SD Mollo, Hj. Ratna S.Pd mengaku sangat bahagia dengan kehadiran relawan Mamuju Mengajar di Mollo. Apalagi tenaga pendidiknya sangat terbatas.

“Mereka datang mau membantu kita ditempat kita yang sangat jauh dari kota ini dia merasa terpanggil untuk memberikan ilmunya ke anak-anak kita,” kata Kepala Sekolah SD Mollo.

Ia juga mengaku sangat mendambakan para pengajar yang memiliki emansipasi tinggi untuk mencerdaskan bangsa utamanya siswa di SD Mollo.

Relawan Mamuju Mengajar melaksanakan kerja bakti bersama siswa SD Mollo di halaman sekolah. (Foto : Zulkifli)

(Zulkifli)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan Balasan