banner 728x90

RDP Tim Gugus Covid-19, Ketua DPRD Pasangkayu Soroti Lonjakan Harga Barang

banner 728x90

Suasana RDP DRPD Pasangkayu Dengan Tim Gugus Covid-19

Pasangkayu, Katinting.com – Rapat dengar pendapat (RDP) bersama Tim Gugus Covid-19, ketua DPRD Pasangkayu, Alwiaty menyarankan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Hal itu disampaiakan saat RDP berlangsung di ruang aspirasi gedung DPRD Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin, 23 Maret 2020. Itu alasannya, agar penyemprotan lebih maksimal.



Kepada dinas Kesehatan, ia harapkan agar menyediakan hand sanitizer (cairan pembersih tangan) di tempat-tempat umum. Hal tersebut dimaksudkan guna mengurangi resiko penyebaran virus corana melalui tangan.

Ia juga menyoroti lonjakan harga sejumlah bahan pokok di pasaran karena ulah oknum pedagang. “Sembako masih lancar dan stok juga aman, tapi oknum pedagang mempermainkan harga,” sorot Alwiaty.

Pencegahaan penyebaran corona di daerah ini, menjadi tanggungjawab bersama, bukan hanya pemerintah. Ketua Tim Gugus Covid-19 Pasangakayu, Firman menyampaikan partipasi masyarakat dalam penanganan pencegehan sangat berperan penting.

Sebagai tim terpadu, tim ini bekerja secara terstruktur. Dalam waktu dua hari ke depan, pihaknya akan membuat ruang isolasi di RSUD Ako, Pasangkayu dengan memanfaatkan satu ruangan.

Sebab, kasus yang terjadi di Pasangkayu kemungkinan tidak bisa diterima dan ditangani di rumah sakit di Palu, Sulawesi Tengah.

Berdasarkan data yang disampaikan, setidaknya ada 40 orang dalam pantauan (ODP), semuanya warga Pasangkayu yang baru tiba dari nengara-negara terkena dampak corona.

Dua di antaranya sudah terbebas setelah melewati inkubasi selama 14 hari, dan satu orang lagi pasien dengan pengawasan (PDP) yang sudah sudah dirujuk ke Palu.

Selain itu, tim ini juga akan membangun posko di tiap kecamatan dan desa sebagai langkah penanggulangan virus berbahaya ini, juga sebagai wadah informasi bagi warga.

Herman Yunus, anggota DPRD Pasangakayu, meminta kepada Tim Gugus Covid-19 agar terbuka soal pasien dalam pengawasan dan trasnparansi soal anggaran.

Sebagai lembaga kata Yunus, DRPD akan mendukung penuh langkah Tim Gugus Covid-19 melakukan kerja ekstra dalam penanganan, apalagi daerah ini menjadi perlintasan.

Iapun mendesak dinas Kesehatan Pasangkayu dengan segala keterbatasan, agar mempersiapkan secara maksimal alat dan tenaga medis yang ada.

Untuk meningkatkan pendeteksian di wilayah perbatasan, Nasruddin, mengimbau kepada tim ini, agar mencari opsi selain pengawasan.

Sebagai motor penggerak, anggota DPRD Pasangkayu ini, meminta tim dan DPRD memberikan edukasi kepada masyarakat dengan real action (aksi nyata) berupa berolahraga di rumah demi meningkatkan kesehatan agar terhindar dari corona.

Andi Yusuf, justru menyorot nihilnya kegiatan dilakukan di Puskesmas Tikke Raya, kecuali hanya imbauan belaka. Itu berdasarkan pantauan sejak seminggu terakhir, menurut anggota dewan dari Hanura ini.

Arham Bustaman

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "RDP Tim Gugus Covid-19, Ketua DPRD Pasangkayu Soroti Lonjakan Harga Barang"