banner 728x90

Proyek Perubahan : Sulbar Economic Network (SEN)

1084 views
banner 728x90
Mohammad Ali Chandra

Mohammad Ali Chandra

Oleh : Mohammad Ali Chandra

Sejalan dengan visi reformasi birokrasi yang menghendaki terwujudnya “Pemerintahan Kelas Dunia”, yaitu pemerintahan yang professional dan berintegritas tinggi yang mampu menyelenggarakan pelayanan prima kepada masyarakat, maka pemanfaatan Teknologi Informasi berbasis internet dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan menjadi sebuah tuntutan peradaban dimana kualitas pelayanan publik semakin berindikasi pada kecepatan dan aksesibilitas pelayanan disamping akuntabilitas. Hal ini memerlukan kerangka berpikir perubahan dan inovasi.

Terkait dengan kebutuhan pelayanan data ekonomi sebagai bahan perumusan kebijakan perekonomian dan pengendalian pembangunan di Provinsi Sulawesi Barat, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan data dengan menerapkan suatu sistem jaringan kerja (network) melalui sebuah sistem aplikasi, yaitu Portal Sulbar Economic Network (SEN), agar data dan informasi ekonomi dapat tersedia dengan cepat dan mudah diakses oleh publik/stakeholder sehingga perumusan kebijakan perekonomian dan pembangunan Sulawesi Barat dapat berlangsung secara efektif dan efisien dengan berbasis pada data.

Latar belakang pemikiran ini dirumuskan sebagai gagasan proyek perubahan oleh Mohammad Ali Chandra, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat yang tengah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II Angkatan XLII Kelas G di PKP2A III – LAN Samarinda yang berlangsung dari Bulan Mei – Agustus 2016.

Ketersediaan data pertumbuhan ekonomi, Inflasi, Investasi, Harga Pangan Srategis, Produksi Pertanian/Peternakan, Perkebunan, Perikanan, Pasar, UMKM dan Koperasi serta seluruh kegiatan ekonomi di Provinsi Sulawesi Barat sebagai bahan perumusan kebijakan perekonomian dan pengendalian pembangunan belum terlaksana secara optimal karena belum dikelola secara terintegrasi. Hal ini dapat mengakibatkan fungsi monitoring dan evaluasi tidak berjalan secara maksimal.

Dengan Portal SEN akan tersedia data dan informasi ekonomi Provinsi Sulawesi Barat secara teritegrasi, cepat dan termasa sehingga pada gilirannya akan meningkatkan kinerja pemerintah, khususnya dalam perumusan bahan kebijakan dan pengendalian pembangunan perekonomian.

Sasaran pembangunan Portal SEN adalah untuk meningkatkan kualitas dan akuntabilitas data ekonomi. Keberadaannya tidak saja penting bagi Biro Perekonomian dan Admnistrasi Pembangunan Sulawesi Barat sebagai pusat perumusan bahan kebijakan dan pembinaan pengembangan ekonomi Sulawei Barat, tetapi seluruh stakeholder juga dapat memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan perekonomian.

Sebagai bagian dari Laboratorium Kepemimpinan, proyek perubahan pembangunan system aplikasi Portal SEN telah melewati tahapan pelaksanaan jangka pendek yang menghasilkan antara lain : adanya komitmen dari mentor dan para stakeholder untuk mendukung implementasi proyek perubahan, terbentuknya Tim Efektif Portal SEN, terbentuknya Tim Teknis Portal SEN, adanya rancangan penganggaran program dan kegiatan, tersusunnya database Portal SEN dan design system aplikasi Portal SEN.

Dalam tahapan jangka menengah diharapkan telah terbangun system aplikasi Portal SEN dimana proses delivery data sudah berjalan dan output data dan informasi ekonomi Sulawesi Barat sudah tersedia dan dapat diakses. Adapun dalam jangka panjang diharapkan terbangun budaya kerja “Solusi Berdasarkan Data” dalam penyelesaian pekerjaan melalui proses Sosialisasi dan Diseminasi SEN. (*)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.