banner 728x90

Program Marasa Sasar 10 Desa di Kabupaten Mamasa

Tidak ada komentar 132 views

Gubernur Sulbar bawakan sambutannya di Aula Hotel Matana, Mamasa. (Dok. Zulkifli)

Mamasa, Katinting.comPada kunjungan kerja (Kunker) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar di Kabupaten Mamasa, ia juga memaparkan terkait program Mandiri, Cerdas dan Sehat (Marasa) yang dicanangkan pemprov Sulbar yang mulai menyasar di desa-desa.

Kunker yang digelar di Aula Hotel Matana, Kamis (11/7) yang juga dihadiri pulahan pejabat lingkup Kabupaten Mamasa, Gubernur mengatakan, Kabupaten Mamasa sendiri ada 10 desa yang mendapatkan bantuan dari program Marasa.

Mantan Bupati Polewali Mandar dua periode ini menjelaskan, program Marasa yang selama ini dicanamkan dalam RPJMD bisa membantu kabupaten membangun daerah sampai ke desa-desa.

“Ada beberapa desa kita bantu tahun ini disemua kabupaten di Sulbar yang tertuang dalam RPJMD kita pada tahun 2019,” kata Gubernur.

Ia menambahkan untuk Mamasa sendiri ada beberapa desa yang mendapatkan bantuan dan akan terus diupayakan bertambah setiap tahunnya.

“Tidak semua desa mendapatkan, tapi kita terus usahakan agar bertambah setiap tahunnya dan pencapaiannya bisa betul-betul dirasakan masyarakat,” sebutnya.

Gubernur juga mengharapkan agar seluruh desa yang mendapatkan bantuan untuk menggunakan dengan sebaik mungkin, sehingga peruntukannya jelas.

“Paling tidak bisa mengembangkan Desanya dengan memberdayakan masyarakat setempat sehingga tujuan program marasa bisa tercapai,” ungkap Gubernur.

Sedangkan, Kepala Dinas PMD Sulbar M. Jaun mengungkapkan untuk tahun 2019 kabupaten Mamasa mendapatkan bantuan kepada sepuluh Desa.

“Untuk 2019 ada 10 desa kita bantu di Mamasa melalui program MARASA. Bantuannya Rp.300 juta per desa anggarannya kita berikan,” ucap Jaun.

Selain itu, lanjut Jaun tahun depan ada 54 desa akan diberikan bantuan di kabupaten Mamasa, semoga bisa bertambah lagi. Adapun desa yang mendapatkan sesuai hasil verifikasi dari tingkat kecamatan, kabupaten sampai ke provinsi.

“Ini sementara di bahas di DPRD untuk tahun depan. Kita ingin semua capaian dalam Marasa itu dirasakan masyarat yang ada di desa. Adapun satu desa yang masih terlambat hari ini (Kamis 7 November, red) sudah dicairkan. Jadi ini dalam bentuk program yang diajukan oleh desa sesuai indeks desa membangun,” tandasnya.

(Zulkifli)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Program Marasa Sasar 10 Desa di Kabupaten Mamasa"