banner 728x90

Polda Sulbar Latih Cyber Troops

Tidak ada komentar 251 views

Suasana pelatihan Cyber Troops oleh Polda Sulbar. (Foto Humas Polda Sulbar)

Mamuju, Katinting.com – Maraknya penyebaran berita hoaks (bohong) yang sangat berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban, Bidang Hubungan Masyarakat (Bid Humas) Polda Sulbar menggelar pelatihan Cyber Troops atau pasukan Cyber.

Pelatihan Cyber Troops ini ditujukan agar seluruh personil yang mengembang tugas kehumasan mampu menyampaikan berita fakta kepada masyarakat dan tentunya menangkal segala pemberitaan yang sifatnya mengadu domba, isu SARA dan sebagainya.

Kabid Humas AKBP Hj. Mashura mengatakan personil yang bertugas di bidang kehumasan mempunyai peran yang sangat penting hal ini kerena penyebaran informasi melalui media sosial, Website dan sebagainya semakin mudah untuk diakses.

Hal ini tentu akan berpotensi pada perkembangan berita hoaks yang harus menjadi perhatian khusus. Untuk itu, melalui kegiatan ini kemampuan para personil akan ditingkatkan sebagai upaya memerangi berita hoaks.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Arya Guna Mapolda Sulbar ini di buka langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar dihadiri para pejabat utama dan seluruh perserta dari humas jajaran dan PID Satker, Senin (28/4/19).

Kapolda Sulbar dalam amanat yang dibacakan Kabid Humas, mengatakan, pada perkembangan situasi terkini, penyebaran informasi berita bohong atau yang tren disebut hoaks secara massif yang tak bisa dipandang enteng, sebagian berita hoaks yang beredar rentan mengancam stabilitas keamanan di suatu daerah.

Penyebaran berita bohong di media sosial kerap terjadi. Celakanya, kontrol dan monitoring kepolisian masih sangat terbatas dan untuk mengatasi semua itu perlunya dibentuk team cyber.

Mengacu dari hal tersebut, wilayah hukum Polda Sulbar masih terbilang masih daerah yang aman dan damai, namun itu, Bid Humas Polda Sulbar tetap menggelar pelatihan Cyber Troops kepada para pengemban fungsi humas di Polres jajaran/kewilayahan.

Melalui kegiatan ini diharapkan para pesertanya dapat menguasai penggunaan Website Polda Sulbar, melakukan pengawasan media sosial yang melakukan ”counter issue”,  menyaring adanya peredaran isu negatif menjadi hal yang positif, membantu proses diseminasi (penyebaran) yang positif dalam upaya-upaya yang dilakukan Polri, dan melakukan counter issue, klarifikasi terhadap hal-hal yang tidak benar.

Selain itu, Pelatihan ini juga sebagai upaya penguatan media di dalam tubuh Polri, khususnya bagi pengemban fungsi kehumasan. Dmana sebagai aparat penegak hukum, polisi harus lebih dulu diberi bekal untuk meningkatkan kinerja jajaran Humas, khususnya yang diberi tanggung jawab sebagai operator cyber troops nantinya.

Polri sebagai lembaga pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, harus memberikan sepenuhnya kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalankan aktifitasnya baik dalam memberi maupun menerima informasi. Sambung AKBP Hj. Mashura, untuk itu setelah para peserta mengikuti pelatihan ini diharapkan mampu memahami tentang semua materi yang diberikan serta mampu dalam mengaplikasikan ilmu cyber troops dalam rangka membangun opini publik guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Dalam pelatihan ini, yang harus para peserta ketahui sebagai cyber troops atau tim cyber patrol adalah sebagai berikut:

  1. Menguasai penggunaan Website Polda Sulbar.
  2. Mempunyai akun media sosial mulai whatsapp, facebook, twitter, instagram, dan lainnya;
  3. Mampu berkomunikasi dengan berbagai macam group;
  4. Mampu menganalisa kata kunci yang mengandung arti radikal;
  5. Selalu cek trending topik radikal pada mesin pencari atau mesin pencari media sosial;
  6. Mampu menganalisa penyebaran link-link hoax maupun radikal yang tersebar diberbagai macam platform media online, mulai blog, wiki, forum, sosial media, dan lainnya;
  7. Selalu mengawasi munculnya artikel-artikel baru dengan menggunakan manfaat google trend atau keyword analysis.

Tak hanya itu, tim cyber troops akan selalu memantau setiap perkembangan informasi terhadap berita hoaks dan pemberitaan palsu.

Walaupun pelaksanaan pelatihan ini relatif sangat singkat. Namun diharapkan upaya untuk meningkatkan pengetahuan / wawasan serta keterampilan anggota khususnya bintara Polri yang saat ini mengemban sebagai fungsi Humas dan TI di satuan kewilayahan dapat berjalan dengan baik dan dapat menunjang tugas-tugas fungsi kehumasan sesuai kompetensi pelatihan yang telah diterapkan.

Kegiatan yang akan  berlangsung selama dua hari ini , Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj. Mashura berharap pelaksanaannya dapat diikuti dengan baik dan penuh konsentrasi agar semua ilmu yang peserta terima baik berupa teori maupun praktek dapat diterapkan di kewilayahan. “Pahamilah, bahwa waktu pelatihan sangat singkat, sehingga manfaatkanlah momen ini dengan sebaik-baiknya,” kuncinya.

Sumber : Humas Polda Sulbar

Edit : Anhar

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polda Sulbar Latih Cyber Troops"